06
Des

Gambar Arsitektur : Eksplorasi Potongan Bangunan

Gambar Arsitektur : Eksplorasi Potongan Bangunan-Arsitektur biasanya dimulai dengan gambar denah, dari pondasi yang disusun rapi di atas tanah kemudian bergerak menuju lantai, dinding dan atap yang semuanya membentuk satu garis lurus. Namun perkembangan gaya arsitektur mengubah semua itu, artikel ini membahas bagaimana ruang bisa dimulai dengan bidang vertikal.

Gambar bangunan berikut ini justru dieksplorasi melalui gambar potongan dan menunjukkan bagaimana bangunan dihilangkan dari kesan menempel di tanah dan bagaimana mereka ditempatkan dalam lanskap di sekitarnya. Bersama-sama, mereka memberikan pandangan sekilas berbagai cara hidup dengan alam dan merangkul konteks yang lebih luas tentang arsitektur.

01. Rumah Pohon di Italia Utara oleh Peter Pichler Architecture (PPA)

 Rumah Pohon di Italia Utara


PPA mengembangkan konsep untuk rumah pohon yang berkelanjutan di hutan Dolomit Italia. Rumah-rumah pohon merupakan fasilitas tambahan untuk hotel yang sudah ada dan dibuat untuk menciptakan pengalaman baru tinggal di hutan dengan jangkauan maksimal ke alam.

Geometri banguan dengan atap tajam tajam terinspirasi oleh pohon cemara dan larch di sekitarnya dan mereka terbuat dari kayu lokal. Ukuran unit banguan berkisar antara 35-45 m2 terbagi dalam 2 tingkat. Level bawah adalah area baca / lounge kecil, dan level atas adalah area tidur dengan kamar mandi kecil. Dua tingkat terhubung dengan tangga internal yang kecil.

 Rumah Pohon di Italia Utara

Proyek ini dipahami sebagai suatu bentuk pariwisata di mana ada alam dan integrasi arsitektur di dalamnya yang memainkan peran utama. Seperti yang dikatakan mereka bahwa “Kami percaya bahwa masa depan pariwisata didasarkan pada hubungan manusia dengan alam. Terintegrasi dengan baik, arsitektur berkelanjutan dapat memperkuat hubungan ini, tidak ada hal lain yang diperlukan.” Di bagian ini Anda akan merasakan struktur dan tempat tinggal, serta sirkulasi vertikal.

02. House Snakes House di Braga, Portugal oleh Luís dan Tiago Rebelo de Andrade

House Snakes House di Braga

Proyek untuk rumah ini dikembangkan dalam kemitraan dengan Perusahaan Sistem Modular. Idenya adalah untuk mendapatkan objek yang jauh dari ortogonalitas dan konsep-konsep yang sudah ada sebelumnya yang terkait dengan konstruksi modular. 

Desain yang terkait dengan papan tulis dan kayu di pangkalan menyarankan bentuk ular melayang di antara pohon-pohon. Pilihan bahan memberikan rasa koneksi dengan alam dan membangun citra yang koheren tentang simbiosis antara rumah dan Taman. Arsitek memanfaatkan teknologi baru yang sudah diuji dalam prototipe yang memungkinkan konstruksi yang mudah dibawa.

House Snakes House di Braga

Bahan baku asli, batu tulis dan kayu yang digunakan dalam finishing untuk integrasi ke taman yang berusia seratus tahun itu. Konsistensi green design bangunan ini diperoleh oleh lapisan insulasi yang diperkuat, sistem pemanas, penggunaan air daur ulang, panel surya, sistem pencahayaan konsumsi rendah menggunakan teknologi LED serta pilihan untuk menjaga air tanah. 

Setiap rumah terdiri dari studio dengan kamar mandi dan dapur. Dua Rumah dari Taman Pedras Salgadas adalah benda-benda yang menggunakan bahan dan teknologi serupa, menunjukkan ke khayalan berupa pondok primitif dan hewan liar.

03. Rumah Pohon Bob + Sunny Evans Hot Springs, AR, Amerika Serikat oleh Modus Studio

Rumah Pohon Bob + Sunny Evans Hot Springs,

Terletak di bukit alami Gunung Ouachita di sepanjang Danau Hamilton di Garvan Woodland Gardens di Hot Springs, Arkansas, Evans Children’s Adventure Garden, ini merupakan sebuah rumah pohon baru di pekarangan musim panas tahun 2018. Seperti yang dinyatakan dalam media lokal, rumah pohon adalah yang pertama dari tiga rencana untuk taman yang akan memberikan pengalaman pendidikan interaktif untuk dikunjungi anak-anak. 

Ini sebagai bagian dari rencana ambisius pengelola untuk membawa anak-anak kembali ke hutan. Rumah pohon menggunakan lingkungan visual dan fitur yang kaya untuk merangsang pikiran dan tubuh untuk memperkuat koneksi kembali ke dunia alami, sambil mengakomodasi kebutuhan semua pengguna.

Rumah Pohon Bob + Sunny Evans Hot Springs,

Tema yang mendasari bangunan ini adalah dendrologi, studi tentang pohon dan tanaman kayu, mendorong bentuk dan program struktur. Ada sebanyak 113 sirip yang terdiri dari lapisan kayu Southern Yellow Pine bersalju yang menciptakan bentuk semi-transparan dan menggugah yang secara dinamis, menyelubungi berbagai tingkat ruang untuk anak-anak dan orang dewasa.

Bentuk bangunan menjadi pusat perhatian pada keajaiban alam dan sebagai kanopi hutan. Bentuk misterius, permainan kreatif bayangan dan cahaya dan suara, eksplorasi bahan, dan petualangan yang disediakan Rumah Pohon menciptakan pengalaman baru di dalam Hutan Ouachita di antara pohon-pohon pinus dan pohon ek asli.

Demikian inspirasi gambar arsitektur kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Arsitek Rumah Tinggal | Arsitek Bangunan Komersial| Desainer Interior | Arsitek Bangunan Hijau(Green Design Architect) | Arsitek lanskap | Arsitek Urban | Arsitek Kawasan Industri (Industrial Architect) | Kanopi Rumah Minimalis | Desain Rumah Minimalis | Arsitektur Design | Desain Arsitek | Jasa Desain Arsitek | Jasa Arsitek | Jasa Desain Arsitek Rumah | Desainer Arsitektur | Desainer Interior | Jasa Arsitek Desain Rumah Minimalis | Jasa Desain Rumah | Jasa Kontraktor Rumah | Kontraktor Rumah Murah | Sketsa Rumah