• Telp/WA: +628812941957
  • Email us: info@solointerior.id
  • Working Hours: 08:00-17:00

Jasa Pembuatan Peredam Suara Meeting Room

  • Home
  • /
  • Jasa Pembuatan Peredam Suara Meeting Room

AVI (Audio Visual Indonesia) merupakan jasa desain interior ruang kedap suara, akustik interior dan instalasi peralatan audio visual terbaik dan harga kompetitif di dukung oleh team desain interior dan teknisi audio visual profesional yang ahli di bidangnya. AVI melayani jasa pembuatan ruang kedap suara dan ruang akustik seperti studio musik, studio recording, studio radio, home theater, ruang karaoke / room karaoke dll.

AVI perusahaan penyediakan jasa pembuatan ruang kedap suara meeting room dan jasa pembuatan ruang kedap suara akustik interior untuk jasa pembuatan ruang kedap suara studio musik, jasa pembuatan ruang kedap suara studio recording, jasa pembuatan ruang kedap suara ruang karaoke, jasa pembuatan ruang kedap suara home theater, jasa pembuatan ruang kedap suara bioskop, jasa pembuatan ruang kedap suara studio radio, jasa pembuatan ruang kedap suara ballroom hotel, jasa pembuatan ruang kedap suara auditorium, jasa pembuatan ruang kedap suara aula, hall, meeting room, dll. AVI berdiri pada tahun 2019 dengan nama perusahaan CV. Audio Visual Indonesia. AVI telah dipercaya untuk mengerjakan berbagai project baik desain inetrior jasa pembuatan ruang kedap suara dan instalasi aplikasi audio visual di berbagai kota seluruh Indonesia.

Head Office:
Jl. Sutandiyo 050 Padokan RT 02 RW 04 Sawahan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah 57375

Website: http://avi.co.id

Telp/WA: +628812941957

Penelusuran Keyword Jasa desain meeting room:
desain kantor, desain ruang kantor sederhana, desain ruang direktur, desain ruangan meeting, renovasi ruang rapat,desain interior aula pertemuan, desain ruang kerja staf, desain kantor ukuran

PERALATAN AUDIO VISUAL

Jika Anda mencari peralatan audio visual standar dipesan lebih dahulu untuk ruang rapat Anda, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Selamat datang di Audio Visual Indonesia, pakar dalam instalasi AV perusahaan.

Jasa Pembuatan Peredam Suara oleh AVI

Kami berspesialisasi dalam memasang sistem audio visual yang menyenangkan secara estetika dengan kinerja yang sangat baik. Sistem yang tidak hanya akan memaksimalkan ruang konferensi Anda, tetapi juga tidak akan pernah berhenti memukau Anda dan klien Anda. Didedikasikan untuk instalasi audio visual berkualitas tinggi, di sini di Audio Visual Indonesia kami menawarkan standar keahlian dan profesionalisme yang tidak ada duanya.

Memahami Kesempurnaan Peralatan Peredam Suara

Setiap lingkungan kantor berbeda. Itu sebabnya kami bertujuan untuk bekerja sedekat mungkin dengan semua klien kami untuk memastikan bahwa setiap detail dipertimbangkan. Tim spesialis berpikiran maju kami yang sangat terampil akan merancang dan menginstal solusi dipesan lebih dahulu yang ideal untuk organisasi Anda.

Kami tahu bahwa mungkin sulit untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi, dan itulah sebabnya semua sistem kami dibuat semudah mungkin untuk digunakan. Kami juga menghargai bahwa memutuskan sistem mana yang tepat untuk kebutuhan Anda dapat menjadi tugas yang menakutkan, jadi kami mengambilnya sendiri, sebagai organisasi yang sepenuhnya independen, untuk menawarkan pendapat yang terhormat dan tidak memihak kepada Anda.

Teknologi Mutakhir Peralatan Peredam Suara


Pesentasi adalah bagian integral dari setiap strategi bisnis yang baik. Tidak masalah jika Anda mempresentasikan kepada klien, kolega atau publik, sangat penting bahwa organisasi Anda memiliki teknologi yang diperlukan untuk membuat dan menyelesaikan presentasi sebaik mungkin.

Karena teknologi telah berkembang lebih lanjut, demikian pula cara kami menyajikan. Teknologi layar sentuh SMART dapat diinstal ke kantor Anda sebagai alat presentasi canggih mutakhir. Audio Visual Indonesia dapat memberi Anda kemampuan untuk meningkatkan presentasi Anda melalui kekuatan interaktivitas dengan menghadirkan langsung dari papan SMART, dan memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, dan meningkatkan presentasi Anda dengan mulus.

Revolusi Visual Audio Peredam Suara

era digital komunikasi global saat ini, teknologi konferensi video tidak pernah sepenting ini. Ada banyak peluang di mana bisnis tidak dapat dilakukan secara tatap muka, apakah Anda menghadiri pertemuan di sisi lain dunia atau hanya melakukan konferensi dengan seseorang di rumah. Konferensi video menghemat waktu dan uang organisasi Anda, dengan mengurangi biaya perjalanan dan dengan membawa semua orang dan semua yang Anda butuhkan ke ruang rapat Anda.

Daripada hanya memasok klien dengan bentuk paling mendasar dari teknologi konferensi video, kami bertujuan untuk menciptakan sistem yang terintegrasi, masa depan-bukti, yang akan menyenangkan klien dan perusahaan Anda sekarang dan juga di masa depan.

Untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu Anda memaksimalkan potensi ruang pertemuan Anda, hubungi kami hari ini di telp/wa: 08812941957

Desain Kamar Peredam Suara

Di Audio Visual Indonesia kami mengambil pendekatan konsultatif untuk desain sistem apa pun, bagian dari proses ini memberi nasihat tentang tata letak ruangan, tingkat pencahayaan dan posisi, akhir ruangan serta furnitur terbaik untuk digunakan. Ini semua dilakukan untuk memastikan bahwa investasi dalam perangkat keras AV dan VC dimaksimalkan dan memberi Anda VC atau lingkungan presentasi terbaik.

Tandatangan Digital

Audio Visual Indonesia dapat mengimplementasikan solusi signage digital mulai dari layar sambutan sederhana di area penerimaan hingga peluncuran nasional dengan kontrol terpusat dan pembuatan konten. Kami juga dapat memasukkan pelatihan di tingkat nasional dan membantu dalam produksi konten dan tata letak untuk memastikan penyelesaian yang profesional.

Solusi seluler Karena tidak selalu mungkin untuk memiliki posisi tetap untuk tampilan / konferensi video, atau perangkat keras perlu dibagi di antara ruangan yang berbeda, Audio Visual Indonesia dapat menawarkan berbagai solusi untuk memungkinkan perangkat keras menjadi mobile. Solusi ini dapat berkisar dari troli kokoh sederhana, hingga furnitur bergerak. Untuk tampilan yang lebih besar, sistem ini dapat disesuaikan ketinggiannya untuk memungkinkan akses melalui pintu dan masuk ke lift.

Teknologi Interaktif Teknologi layar sentuh telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan membantu presenter dan pelatih untuk menjaga perhatian audiens. Ada sejumlah solusi yang tersedia dari tampilan format besar yang peka sentuhan hingga papan tulis proyeksi depan interaktif. Dengan kemajuan Windows 8, Audio Visual Indonesia berada dalam posisi yang baik untuk secara mandiri menyarankan teknologi terbaik yang sesuai dengan ruangan dan persyaratan. Konferensi video Semua organisasi mencari cara untuk mengurangi biaya serta jejak karbon mereka, konferensi video adalah solusi sempurna untuk melakukan keduanya.

Meningkatkan komunikasi, mengurangi biaya perjalanan, mengurangi emisi berbahaya ke lingkungan dan meningkatkan produktivitas, yang semuanya akan meningkatkan profitabilitas. Desain & integrasi sistem Sebagai pemasok independen perangkat keras AV dan VC, kami merancang sistem dengan keandalan dan kemudahan penggunaan sebagai kunci. Penting juga untuk membangun elemen pembuktian di masa depan sehingga sistem Anda dapat mengikuti perkembangan dunia TI yang terus berubah.

Biaya Pembuatan Peredam Suara

Selamat datang di website http://avi.co.id, sebuah website yang akan menjelaskan mengenai seluk beluk peredam suara yaitu mulai dari pengertian peredam suara, jenis jenis frekuensi suara, jenis jenis kebisingan suara, mengapa memerlukan peredam suara, bahan peredam suara, beda peredam suara dan penyerap suara, pemasangan peredam suara untuk studio musik, pemasangan peredam suara untuk karaoke, pemasangan peredam suara untuk ruangan aula, peredam suara untuk mesin genset, peredam suara untuk kamar tidur, peredam suara untuk ruang meeting, pembuatan partisi peredam suara, biaya pembuatan peredam suara, faktor faktor penyebab kebocoran suara, jasa pembuatan box peredam suara, peredam suara untuk di rumah sakit, pintu dan jendela peredam suara, peredam suara untuk gereja, peredam gema ruangan, cara menghitung biaya pembuatan peredam gema ruangan, peredam suara live musik, jasa pembuatan peredam suara murah.

Semoga informasi yang ada didalam website ini bisa membantu anda yang memerlukan peredam suara untuk mendapatkan informasi yang berguna dan dapat digunakan sehari hari untuk kepentingan bersama. Untuk informasi dan pembuatan peredam suara silahkan hubungi kami dinomor website ini.

Dalam membuat peredam suara atau ruangan kedap suara dan akustik suara, salah satu faktor penting adalah biaya pasang peredam suara. Maka disini kami akan coba bahas bagaimana menghitung biaya pembuatan peredam suara ruangan, agar sebelum kita membuat dan mengeluarkan biaya mendapatkan informasi yang detail dan berguna. Namun sebelumnya kami akan bahas seputar peredam suara sebelum membahas detail biaya pasang peredam suara itu sendiri.

Apa itu Peredam Suara?

Pengertian Peredam Suara

Pada prinsipnya, kita ingin membuat ruangan terisolasi secara mekanis sehingga kebisingan suara tidak masuk kedalam ruangan atau dapat dikurangi. Hal ini sering kali dimengerti orang awam sebagai peredam suara (sound absorbing). Padahal membuat suara tidak masuk atau keluar ruangan bukan menggunakan bahan peredam suara (sound absorbing)semata melainkan menggunakan bahan dan teknik kedap suara ruangan (sound proofing). Jelas ada perbedaan jauh antara kedap suara dan peredam suara.

Apa itu kedap suara (soundproofing)? Seperti diuraikan diatas, kedap suara adalah membuat ruangan terisolasi dari suara yang masuk atau keluar sehingga ruangan didalamnya menjadi kedap atau tidak tembus suara keluar atau masuk. Ada juga yang menghendaki adanya pengurangan tingkat kebisingan suara yang keluar atau masuk meski tidak 100 persen kedap, maka hal ini tetap dinamakan upaya pembuatan ruangan kedap suara. Jadi jelas kedap suara itu seperti apa.

Untuk membuat kedap suara kita membutuhkan bahan kedap suara, teknik pemasangan ruangan kedap suara, dan jasa pemasangan ruang kedap suara. Untuk membuat ruangan kedap suara maka dibutuhkan bahan material pembuat kedap suara ruangan. Syarat yang harus dimiliki bahan kedap suara adalah memiliki ciri khas bahan ini tidak boleh menjadi pengantar energi suara (mekanik) atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya. Jadi bahan kedap suara yang baik memiliki ciri seperti diatas. Selanjutnya apakah dengan demikian ruangan akan 100 persen kedap? Kita perlu tahu bahwa suara memiliki 3 jenis frekuensi yaitu low, mid dan high.

Bahan kedap suara akan memiliki tingkat kekedapan suara yang bagus pada jenis fekuensi tertentu. Misalnya gypsum bagus untuk memblok energi suara frekuensi mid high namun buruk untuk memblok energi suara low. Demikian pula bahan material lain akan memiliki karakteristik yang sama. Jadi tidak ada satu bahan material yang mampu memblok semua jenis frekuensi suara dengan baik dan efektif. Solusinya adalah memadukan bahan material kedap suara yang efektif pada semua frekuensi.

Kemampuan sebuah bahan material suara untuk memblok suara dinamakan dengan sound transmition class (STC). Nilainya biasa disebut dengan decibel (dB). Semakin tinggi nilai TL, semakin bagus bahan tersebut dalam mereduksi suara.Semakin tinggi nilai STC maka semakin baik pengurangan kebisingan dari peredam suara ( noise barrier ) tersebut. STC pada dasarnya adalah nilai decibel yang hilang atau berkurang pada saat suara melalui dinding peredam suara ( noise barrier ) dengan rentang frekuensi 125Hz – 4Khz dan sesuai dengan kurva yang telah disyaratkan. STC adalah perbedaan antara ruang sumber bunyi dengan ruang penerima yang dihasilkan oleh kemampuan sistem peredam suara ( noise barrier ), yang diukur dalam satuan decibel (dB) dengan rentang frekuensi 1/3 oktaf.

Peredam suara sangat diperlukan dalam ruangan seperti ruangan studio music, perkantoran dan rumah. Untuk itu dalam memilih bahan untuk peredam suara sangat diperlukan pemilihan yang teliti terutama pada bahan yang digunakan untuk hasil yang sesuai dengan keinginan. Pemilihan bahan peredam suara nya pun juga harus disesuaikan dengan keadaan ruangan, misalnya dilihat dari gema pada ruangan, baik dari segi level gema, frekuensi gema serta waktu gema nya.

Prinsip Dasar Insulasi Suara

Berbicara mengenai peredam suara maka asumsi kita akan langsung kepada suara bising yang dapat diblok sehingga ruangan menjadi tenang dan tidak berisik. Memang asumsi tersebut tidak salah, karena peredam suara memang membuat ruangan menjadi kedap suara sehingga tidak ada kebocoran suara baik dari dalam ruangan maupun dari luar ruangan. Artinya tidak ada gangguan suara dari kebisingan luar ruangan menuju kedalam ruangan atau sebaliknya kebisingan suara di dalam ruangan ke luar. Prinsip peredam suara seperti ember yang tidak boleh bocor ketika membawa air, sehingga air tetap terjaga dan utuh. Itu prinsip mudah untuk memahami peredam suara.

Untuk membuat ruangan berperedam suara maka diperlukan bahan material peredam suara yang dapat memblok suara tadi. Bahan material ini disusun menggunakan teknik insulasi suara yang baik dan benar sehingga suara tidak berpidah ke ruangan lain. Kita harus memahami sifat dari suara baik suara sebagai getaran maupun jenis frekuensinya. Maka untuk membuat ruangan berperedam suara diperlukan tahapan analisa sumber kebisingan suara, frekuensi dominan, nilai daya serap bahan material suara dan teknik pemasangan peredam suara yang baik dan benar.

Umumnya orang awam memahami peredam suara hanya sekedar menaruh material peredam suara ditembok atau plafon dan langsung suara akan diblok sendiri. Namun permasalahan suara tidak semudah itu, karena jika mudah maka semua orang dapat melakukanya bukan? Permasalahan suara bisa dilihat dari sumber kebisingan suara, frekuensi suara dominan yang ada sehingga pemasangan peredam suara bisa tepat dan benar. Kesalahan tahapan ini bisa berakibat fatal atau suara bocor kemana mana.

Misalnya meredam suara mesin pabrik dengan membuat ruangan karaoke akan berbeda tentunya. Dimana perbedaaanya? Dari sisi frekuensi kita bisa menembak mesin pabrik dan ruangan karaoke lebih banyak frekuensi dominan disalah satu jenis baik frekuensi rendah, sedang dan tinggi.

Umumnya frekuensi rendah bisa menyebabkan getaran ke semua sisi bidang yang ada atau kita sebut struktur noise. sementara frekuensi sedang dan tinggi lebih mudah diatasi dengan bahan material peredam suara yang ada. Mengatasi suara mesin tentu kita harus ukur dulu dengan sound meter.

Berapa decibel kebisingan suara mesin tersebut, kemudian kita targetkan berapa decibel suara yang harus dicapai penurunannya. Dengan demikian kita bisa menghitung daya serap suara dari masing masing bahan peredam tersebut. Ambil contoh misalnya, mesin dengan kebisingan 80 db mau diturunkan menjadi 55 db, maka kita harus hitung berapa nilai masing masing bahan peredam yang kita pasang tersebut sehingga bisa menjamin penurunan sampai 55 db?

Bila anda membangun sebuah ruangan yang digunakan untuk aktifitas yang berkaitan dengan suara, misalnya Home Theater dan studio ataupun ruang rapat/konferensi dan ruang konser, ada 2 hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah bagaimana membuat ruangan terisolasi secara akustik dari lingkungan sekitarnya dan yang kedua bagaimana mengkondisikan ruangan agar berkinerja sesuai dengan fungsinya.



Hal pertama sering disebut sebagai insulasi (membuat ruangan kedap suara atau soundproof), sedangkan yang kedua adalah pengendalian medan akustik ruangan. Kedua hal ini seringkali tertukar balik bahkan tercampur-campur dalam penyebutannya, sehingga tidak jarang orang menyebut mineral wool atau glasswool misalnya sebagai bahan kedap suara, dimana seharusnya adalah bahan penyerap suara.

Bila pernyataan mineral wool /glasswool adalah bahan kedap suara benar, bisa dibayangkan apa yang terjadi bila dinding ruang hanya terbuat dari bahan mineral wool / glasswool saja. Alih-alih ingin menghalangi suara tidak keluar ruangan, yang terjadi adalah suara keluar ruangan dengan bebasnya. Apa yang harus kita lakukan apabila kita ingin membuat ruangan yang terisolasi secara akustik dari lingkungannya atau dalam bahasa sehari-hari ruangan yang kedap suara.

Ada lima prinsip yang harus diperhatikan. agar suara system tata suara kita (yang terkadang dibeli dengan dana yang tidak sedikit) dapat dibunyikan sesuai dengan keinginan kita tanpa harus mendapatkan response (dari tetangga ataupun keluarga kita sendi-ri) “ berisik, tolong kecilkan donk” atau bahkan dilempari batu…:)..

Lima prinsip dasar peredam suara itu adalah :

  • Massa
  • Dekopling Mekanik atau isolasi mekanik
  • Absorpsi atau penyerapan suara
  • Resonansi
  • Konduksi

Prinsip Peredam Suara 1: Massa

Prinsip massa ini berkaitan dengan perilaku suara sebagai gelombang. Apabila gelombang suara menumbuk suatu permukaan, maka dia akan menggetarkan permukaan ini. Semakin ringan permukaan, tentu saja semakin mudah digetarkan oleh gelombang suara dan sebaliknya, seperti halnya kalo anda mendorong troley kosong akan lebih ringan dibandingkan mendorong troley yang terisi penuh dengan batu bata. Tentu saja untuk membuat perubahan besar pada kinerja insulasi, perlu perubahan massa yang besar pula. Secara teoritis, dengan menggandakan massa dinding kita (tanpa rongga udara), akan meningkatkan kinerja insulasi sebesar 6 dB. Misalnya anda punya dinding drywall gypsum dengan single stud, maka setiap penambahan layer gypsum akan memberikan tambahan insulasi 4-5 dB.

Prinsip Peredam Suara 2: Dekopling Mekanik

Prinsip dekopling ini adalah prinsip yang paling umum dikenal dalam konsep insulasi. Sound clips, resilient channel, staggered stud,dan double stud adalah beberap contoh aplikasinya. Pada prinsipnya dekopling mekanik dilakukan untuk menghalangi suara merambat dalam dinding,atau menghalangi getaran merambat dari permukaan dinding ke permukaan yang lain. Energi suara/getaran akan “hilang” oleh material lain atau udara yang ada diantara 2 permukaan. Yang seringkali dilupakan, dekopling mekanik ini merupakan fungsi dari frekuensi suara,karena pada saat kita membuat dekopling, kita menciptakan system resonansi., sehingga system dinding hanya akan bekerja jauh diatas frekuensi resonansi itu. Insulasi akan buruk kinerjanya pada frekuensi dibawah ½ oktaf frekuensi r esonansi. Jika anda bisa mengendalikan resonansi ini dengan benar, maka insulasi frekuensi rendah (yang merupakan problem utama dalam proses insulasi) akan dapat dicapai dengan baik.

Prinsip Peredam Suara 3: Absorpsi atau penyerapan energi suara

Penggunaan bahan penyerap suara dengan cara disisipkan dalam system dinding insulasi akan meningkatkan kinerja insulasi, karena energy suara yang merambat melewati bahan penyerap akan diubah menjadi energi panas (utk menggetarkan partikel udara yang terperangkap dalam pori2 bahan penyerap. Bahan penyerap ini juga akan menurunkan frekuensi resonansi system partisi/dinding yang di dekopling. (Pernahkah anda mencoba meletakkan mineral wool/glasswool didepan center loudspeaker system Home Theater anda? Coba bandingkan bila anda letak- kan di depan subwoofer anda?)
Setelah anda mencoba, maka anda akan memahami, bahwa insulasi atau soundproofing tidak ditentukan semata oleh bahan penyerap apa yang diisikan dalam dinding anda. Jika anda menggunakan dinding sandwich konvensional (kedua permukaan dihubungkan oleh stud )dan anda isi celah diantaranya dengan bahan penyerap suara, suara akan tetap dapat lewat melalui stud tanpa harus melalui bahan penyerap suara. Jadi bahan penyerap hanya akan efektif bila ada dekopling.

Prinsip Peredam Suara 4: Resonansi

Prinsip ini bekerja bertentangan dengan prinsip 1, 2, dan 3, karena resonansi bersifat memudahkan terjadinya getaran. Bila getaran terjadi pada frekuensi yang sama dengan frekuensi resonansi system dinding anda, maka energi suara akan dengan mudah menembus dinding anda (seberapa tebal dan beratpun dinding anda). Ada 2 cara untuk mengendalikan resonansi ini:

Redam resonansinya, sehingga amplituda energi yang sampai sisi lain dinding akan sangat berkurang. Anda dapat menggunakan visco-elastic damping compund, tapi jangan gunakan Mass Loaded Vinyl.
Tekan frekuensi resonansi serendah mungkin dengan prinsip 1, 2 dan 3. distributor peredam suara ruangan

Prinsip Peredam Suara 5: Konduksi

Ingat bahwa suara adalah gelombang mekanik, sehingga apabila dinding anda terhubung secara mekanik kedua sisinya, maka suara akan dengan mudah merambat dari satu sisi ke sisi lainnya. Untuk mengendalikannya tentu saja ada harus memotong hubungan mekanis antara sisi satu dengan sisi yang lain, misalnya dengan dilatasi antar sisi, menyisipkan bahan lain yang memiliki karakter isolasi lebih tinggi (beda Impedansi Akustik atau tahanan akustik), menggunakan studs dengan cara zigzag, dsb. Konduksi ini juga yang seringkali menyumbangkan problem flangking suara antar ruang. (Itu sebabnya pemberian dekopling/dilatasi pada lantai dan langit-langit juga penting.

Sudahkan ruangan theater atau studio anda mempertimbangkan hal diatas?

Untuk lebih jelasnya kita bisa memilih daya kedap suara itu berdasarkan tingkat daya kedap suara yang dapat diukur dengan alat sound meter. Misalnya dari pengukuran awal kekuatan kebisingan suara mencapai 85 decibel dengan fungsi ruangan sebagai ruangan studio musik latihan, maka kita mau menurunkan sampai ke 45 decibel dengan jenis frekuensi dominan pada frekusnei rendah, maka kita memiliki pekerjaan rumah untuk memblok suara hingga 45 db dan frekuensi rendah. Diperlukan analisa terhadap bahan material yang digunakan sehingga tingkat kebisingan suara bisa tercapai dan frekuensi rendah bisa diminimalisir secara maksimal.

Maka ketika kita berbicara mengenai harga bahan peredam suara dan harga biaya jasa pasang peredam suara maka kita mau tidak mau dihadapkan pada pilihan seberapa kedap suara yang kita kehendaki. Hal ini berkaitan dengan bahan material yang digunakan untuk memblok energi suara dan jenis frekuensi dominanya serta waktu yang diperlukan oleh jasa pasangnya dan segi elektikal dan interior ruangan atau akustik suara yang hendak kita pasang. Disini, umumnya konsumen tidak mengerti dan tidak faham.

Zona Kebisingan Dalam Pembuatan Peredam Suara
30 dB : suara lemah berbisik
85 dB : batas aman, sebaiknya gunakan pelindung telinga
90 dB: dapat merusak pendengaran dalam waktu 8 jam. ex: suara pemotong rumput, suara truck di jalanan macet
100 dB :merusak pendengaran dalam waktu 2 jam. ex: suara gergaji mesin, suara melalui telephone
105 dB: merusak pendengaran dalam waktu 1 jam. ex: suara helikopter, suara mesin pemecah batu
115 dB: merusak pendengaran dalam waktu 15 menit. ex: tangisan bayi, riuh di stadion sepakbola
120 dB: merusak pendengaran dalam waktu 7,5 menit. ex: suara konser musikk rock
125 dB: ambang rasa nyeri ditelinga bagian dalam. ex: suara mercon dan sirene
140 dB: membahayakan pendengaran dalam waktu singkat. ex: suara tembakan dan mesin jet

Unit untuk mengukur intensitas bunyi adalah desibel (dB). Skala desibel merupakan skala yang bersifat logaritmik. Penambahan tingkat desibel berarti kenaikan tingkat kebisingan yang cukup besar. Contoh, jika bunyi bertambah 3 dB, volume suara sebenarnya meningkat 2 kali lipat.


Kebisingan bisa menggangu karena frekuensi dan volumenya. Sebagai contoh, suara berfrekuensi tinggi lebih menggangu dari suara berfrekuensi rendah. Untuk menentukan tingkat bahaya dari kebisingan, maka perlu dilakukan monitoring dengan bantuan alat:

  • Noise Level Meter dan Noise Analyzer (untuk mengidentifikasi paparan)
  • Peralatan audiometric, untuk mengetes secara periodik selama paparan dan untuk menganalisis dampak paparan pada pekerja.

Ada beberapa macam peralatan pengukuran kebisingan, antara lain sound survey meter, sound level meter, octave band analyzer, narrow band analyzer, dan lain-lain. Untuk permasalahan bising kebanyakan sound level meter dan octave band analyzer sudah cukup banyak memberikan informasi.
Jasa Pembuatan Peredam Suara Ruangan

Audio Visual Indonesia adalah perusahaan jasa pembuatan ruangan peredam suara yaitu ruangan yang membutuhkan kedap suara supaya lebih tenang, nyaman dan tidak bising. Maka jasa pembuatan ruang peredam suara meliputi jasa desain ruang peredam suara, jasa hitung biaya material dan pasang peredam suara, jenis jenis daya kedap suara, pengontrolan ruangan berperedam suara serta menyediakan bahan kedap suara dan peredam suara ruangan.

Berikut adalah langkah langkah jasa pembuatan ruangan peredam suara agar efektif dan efisien:

  • Tentukan Fungsi Ruangan. Percaya atau tidak fungsi ruangan bisa membedakan penggunaan material peredam suara baik yang sifatnya daya kedap kecil hingga daya kedap maksimal. Misalnya untuk fungsi ruangan ruang meeting dengan sumber kebisingan suara percakapan, maka tidak perlu menggunakan bahan material atau daya kedap suara yang tinggi seperti ruangan karaoke atau studio musik rekaman. Dengan demikian penggunaan bahan material bisa lebih hemat dan tepat sasaran. Namun jika ruang meeting itu dekat dengan ruang produksi atau ruang mesin yang sumber kebisingannya bisa mencapai 100 decibel, maka tentu kita harus memperhatikan bahan yang digunakan agar kebisingan dari ruangan produksi atau mesin tidak masuk kedalam ruangan. Dalam proses ini diperlukan adanya survey dan analisa lapangan agar konsultan dan kontraktor peredam suara faham apa yang harus dilakukan dan direkomendaasikan ke klien. Pemasangan bahan peredam suara tanpa analisa dan survey yang benar hanya akan membuang biaya dan waktu anda.
  • Temukan Sumber Kebisingan Suara. Setelah fungsi ruangan ditemukan, langkah berikutnya adalah menemukan sumber kebisingan suara dan menganalisanya. Jika fungsi ruangan untuk aula ballroom, maka sumber kebisingan bisa jadi dari dalam ruangan itu sendiri yang bisa ada konser musik, perkawinan dan sebagainya. Dari situ kita bisa analisa tingkat kebisingan suara dan jenis frekuensi suara yang muncul. Maka dari sumber kebisingan yang ada kita bisa menemukan berapa tinggi sumber kebisingan itu dan jenis frekuensi apa yang ada dalamnya. Dengan demikian kita bisa menemukan 2 kesimpulan yang bisa mempertajam analisa kita terhadap penggunaan bahan peredam suara. Demikian pula kita bisa menganalisa sumber kebisingan dan tingkat kebisingan pada ruangan kamar tidur, ruangan karaoke, studio rekaman, ruangan meeting dan sebagainya.
  • Ukur Nilai STC (Sound Transmition Class) Bahan Material. Hasil survey dan analisa yang benar membawa kita pada langkah berikutnya yaitu menentukan bahan material kedap suara atau peredam suara yang akan digunakan. Nilai STC ini harus bisa memenuhi selera konsumen dan memberikan beberapa alternatif dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing masing. Dengan demikian calon konsumen akan tahu apa resiko yang diambil jika mengambil paket daya kedap suara yang daya kedapnya tidak maksimal atau hanya minimal. Nilai STC adalah patokan bagi kontraktor untuk bisa memasang bahan peredam suara dengan baik dan benar dan mengurangi resiko tidak tercapainya daya kedap suara yang dikehendaki. Jadi menentukan nilai STC material bahan peredam suara sangat penting dan harus dilakukan dengan benar sebelum melakukan pemasangan peredam suara ruangan.

RUANG MEETING



Untuk membuat ruangan kedap suara umumnya kita menggunakan bahan material peredam suara dan kedap suara yang sesuai sehingga daya kedap suara yang hendak dicapai bisa maksimal. Bisa jadi kita bisa menambahka material seperti rockwool, glasswool, plywood, gypsum, karpet atau karet dan sebagainya. Tapi yang pasti pemasangan peredam suara memiliki daya kedap maksimal yaitu bahan yang kita pasang memiliki kemampuan daya kedap masing masing sehingga tidak bisa disamakan antara bahan peredam suara untuk studio musik dan peredam suara kamar tidur misalnya. Jadi pemasahaman tentang daya kedap suara ini perlu juga diketahui klien sehingga mereka tidak salah mengira dan tidak salah dalam melakukan estimasi.

Bahan material seperti karpet peredam suara merupakan salah satu material yang sering digunakan namun memiliki daya kedap suara tertentu dan bisa jadi akan tidak bisa memblok suara pada frekuensi tertentu. Demikian juga dengan bahan material seperti rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool memiliki nilai daya serap masing masing dan pada jenis frekuensi masing masing. Maka mengetahui hal ini sangat penting untuk memahaminya.

Bila anda ingin mengentahui informasi jasa peredam suara ruangan, bikin ruang kedap suara, jual bahan material peredam suara dan sebagainya silahkan hubungi kami.

Audio Visual Indonesia


Biaya Pasang Peredam Suara Ruangan

Tahukah anda bahwa biaya pasang peredam suara ruangan dapat dihitung sejak awal? Untuk membuat ruangan berperedam suara kita membutuhkan ruangan yang ada baik ruangan los yang belum disekat ataupun ruangan yang sudah disekat tembok untuk dipasang peredam suara. Maka ukuran volume ruangan adalah titik penting untuk menghitungnya. Sebelum kita membahas mengenai biaya pasang peredam suara ruangan, kita bahas dahulu beberapa point penting yang perlu dilihat sebelum membahas dan mempelajari biaya pemasangan peredam suara ruangan.

Banyak kesalahpahaman mengenai peredam suara yang sering dipikirkan oleh orang banyak, apa sajakah itu?

  • Pasang peredam suara pasti tidak bocor suara
    Sering dipikir bahwa ketika ruangan dipasang peredam suara maka otomatis ruangan itu akan kedap suara dan tidak bocor suara, maka banyak kontraktor peredam suara yang tidak faham memasang rockwool dan gypsum saja bisa menyelesaikan masalah kebisingan suara ruangan. Ini adalah kesalahan besar yang sering terjadi. Umumnya orang ingin harga murah dan akhirnya kontraktor peredam suara yang kurang jujur menjelaskan hal ini meyakinkan klien bahwa tidak akan bocor suara dengan hanya memasang rockwool dan gypsum saja. Kenyataanya kebocoran suara terjadi disemua jenis frekuensi dan semua bidang.

    Mengapa sering terjadi kebocoran dalam pembuatan peredam suara? kontraktor peredam suara yang tidak faham mengenai bahan yang dipasang, sering meyakinkan klien bahwa suara tidak bocor dengan hanya memasang rockwool dan gypsum saja. Padahal semua bahan material peredam suara atau material kedap suara memiliki yang namanya nilai sound transmission class (stc) atau sound transmission los (stl).

    Jadi setiap bahan peredam suara yang dipasang dalam ruangan selalu memiliki nilai stc ini. Nilai stc atau stl inilah yang menentukan sedikit banyak apakah bahan yang dipasang itu mampu memblok suara atau masih bocor selain teknik pasang yang baik dan benar. Jika kekuatan kebisingan suara mencapai 100 decibel (db) dengan kekuatan kebisingan suara loq frekuensy dominan mencapai 40 persen, maka memasang rockwool dan gypsum saja akan sia sia dan tidak berguna sama sekali.

    Mengapa demikian? selain memiliki nilai stc atau stl bahan peredam suara atau bahan kedap suara memiliki kemanmpuan untuk memblok secara efektif jenis frekuensi tertentu. Misalnya bahan peredam suara rockwool dengan densitas 100 kg tebal 5 cm memiliki nilai stl sebesar 20 decibel pada frkuensi mid dan high, namun pada frekuensi loq hanya mampu memblok 8 decibel, maka tentu memasang rockwol dan gypsum saja untuk membuat ruangan berperedam suara yang baik danbenar akan membuang buang biaya.

    Berbeda ketika tingkat kebisingan suara didalam ruangan karaoke atau studio musik yang mencapai 80 decibel dan dominan pada frekuensi mid dan high, maka pemilihan dan penyusunan bahan material peredam suara seharusnya bisa menunjang seberapa kedap suara yang dikehendaki diblokir.

    Misalnya menggunakan air space 5 cm, karet peredam suara 3 cm, rockwool densitas 100 kg tebal 5 cm, gypsum 12 mm double, rangka, mdf board 12 mm, busa ati, karpet dan lainnya, maka kita bisa menghitung nilai stc atau stl tadi dengan mendekat 100 persen benar. Misalnya nilai stl yang dipasang adalah 70 db sementara kekuatan kebisingan adalah 80 db maka jika ruangan sudah ada temboknya, kita harus bisa menghitung nilai stl tembok juga, bahan peredam suara yang dipasang akan maksimal menahan daya bising suara 80 decibel.

Pasang peredam suara pasti mahal. Mahal dan tidaknya bahan peredam suara yang dipasang adalah hukum alam secara ekonomi. Tentu harga murah peredam suara tidak mungkin bisa memblok suara dengan tingkat kebisingan mencapai 100 decibel atau lebih. Mengapa? bahan peredam suara murah umumnya memiliki nilai stl yang rendah artinya memiliki daya blokir suara yang tidak maksimal. Maka untuk memblok suara yang semakin keras tentu harus menggunakan bahan material yang sepadan sehingga daya blokir suaranya juga maksimal. Faham kan maksudnya? Maka secara ekonomi ada kualitas maka ada harga sepadan yang harus dibayarkan. Untuk memasang peredam suara ruangan memang patokan utama adalah menggunakan nilai stl bahan material dan tingkat kebisingan suara yang ada. Sebagai contoh kita membangun ruko 2 lantai, maka ruko lantai 1 dan lantai 2 tentu memiliki nilai daya tahan beban maksimal. Misalnya dihitung daya beban maksimal adalah 1 ton di lantai 2, sementara anda memasukan mesin produksi dengan beban seberat 2 ton, tentu akan jebol dan tidak akan kuat. Sama persis dengan bahan material peredam suara ruangan yang dipasang tentu memiliki nilai daya kedap suara maksimal sesuai hitungan nilai stl tadi. Jadi jika mau memasang peredam suara hitung dulu seberapa besar tingkat kebisingan suaranya dan nilai stl bahan yang digunakan maka hasilnya akan lebih pasti. Memasang rockwool dan glasswool saja tidak membuat ruangan menjadi kedap.

Pasang peredam suara hanya di dinding saja. Suara adalah energi yang umumnya menyebar dominan melalui medium udara. Selama masih ada udara bisa bergerak maka selama itu pula suara akan bocor. Jika anda memiliki ruangan tembok namun atasnya adalah langsung genteng tanpa dak, maka anda harus memasang peredam suara di empat sisi dinding dan plafon. JIka posisi ruangan di lantai 2 dan sumber suara menghasilkan kebisingan dominan di loq frequency dan menyebabakn structure noise maka bisa jadi anda harus memasang peredam di sisi tembok, plafon dan lantai. Itu jika anda mau ruangan kedap suara secara maksimal.

Jika anda memiliki ruangan untuk digunakan sebagai ruangan karaoke, maka sebaiknya anda memilih ruangan yang memiliki dak diatas plafon atau dilantai basement sehingga secara teori suara akan lebih mudah diisolasi dibandingkan dengan ruangan dilantai 3 dan atasnya langsung genteng. Hal ini juga untukmengurangi biaya pemasangan peredam suara yang bisa anda hemat.

Cara Menghitung Biaya Pasang Peredam Suara Ruangan

Setelah membaca mengenai bahan peredam suara, macam bahan yang dipasang dan daya kedapnya, maka tentu kita selangkah lebih maju untuk menghitungnya dengan lebih tepat. Apakah bisa memberikan harga tanpa menghitung nilai stl dan daya kedap suaranya? Bisa, itu namanya dagang asal asalan yang hasilnya pasti asal asalan jadinya. Maka disini saya akan membahas faktor apa saya yang menentukan harga pasang peredam suara atau biaya pemasangan peredam suara ruangan dan perhitungan biayanya secara umum.

Biaya pasang peredam suara tidak dapat diukur dengan suatu nilai rupiah tertentu sebelum faktor faktor seperti ukuran ruangan, bahan material yang digunakan, fungsi ruangan diketahui, bahan peredam gema dipakai, dan target decibel (sound meter) yang hendak dicapai dapat diketahui, maka biaya pasang peredam suara sulit diketahui. Kami menyarankan anda untuk mengetahui sedikit informasi mengenai peredam suara ini agar anda faham apa yang anda beli, faham mengenai bahan peredam suara yang dipasang dan bahan peredam gema yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk memperjelas hal hal diatas mari kita bahas satu persatu agar kita semakin memahami dan bisa mengerti lebih dalam, termasuk soal perencaaan anggaran biaya yang sering kali kita masih ragu dan bimbang.

  • Volume Ruangan . Volume ruangan merupakan hal yang memang tidak terlalu penting, namun usahakan memiliki ruangan dengan volume minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m sehingga cukup nyaman untuk duduk, dan menata ruangan, misalnya untuk karaoke atau studio serta sofa. Jika terlalu sempit maka kenyamanan juga bisa berkurang. Jika ada luas yang lebih besar misalnya 5mx6 mx3 m maka akan semakin baik. Volume rungan ini kadang digunakan orang untuk bernyanyi sambil berdiri dan berjoget. Maka jika ukuran terlalu kecil, bisa jadi kenyamanan kita juga tidak memuaskan. Maka pilihkan kamar ruangan dengan minimal ukuran 4 m x 3 m x 3 m agar kenyamanan berkaraoke bisa tetap terjaga.
  • Desain Interior Ruangan. Umumnya semua ruangan karaoke atau studiomusik memiliki tema dan warna. Bisa jadi kita menyukai tema dan warna natural, tema dan warna white, tema dan warna merah hitam, tema dan warna simple dan minimalis, tema dan warna ruangan karaoke mewah dan elegan. Semuanya itu adalah tema dari ruangan karaoke yang harus didesain dahulu agar bisa dikerjakan sesuai desain interior ruangan karaoke yang disetujui. Untuk desain interior karaoke ini umumnya kita menggunakan banyak elemen pembentuknya mulai dari kayu, metal, wallpaper, karpet, led strip lamp, gypsum, parket atau vinyl, dan lainya dengan nuansa warna yang disesuaikan dengan tema dan keinginan klien. Untuk pembuatan desain interior ruangan karaoke, akan diberikan pada saat awal atau saat kontrak sudah disetujui sehingga akan ada pembuatan desain karaoke beserta tema dan warna yang mau dibuat.
  • Tingkat daya kedap suara. Jika memang menginginkan ruangan memiliki daya kedap yang diinginginkan maka kita harus melihat nilai stl dari bahan yang dipasang serta berapa decibel daya tahannya untuk memblok suara. Umumnya ada pilihan untuk memblok suara dari pilihan 1, 2 dan seterusnya, yaitu dari daya blokir suara minimal, sedang dan maksimal.
  • Rencana Anggaran Biaya Pembuatan Ruangan. Anggaran biaya sering kali adalah pokok masalah yang menentukan bagaimana ruangan itu terbentuk baik dari sisi desain maupun daya kedap suara. Maka mungkin perlu dikomunikasikan dulu sebelum eksekusi mengenai anggaran biaya tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik.

Umumnya untuk membuat peredam suara sederhana saja di dalam ruangan studio musik, ruang karaoke, ruangan meeting/rapat dan partisi ruangan, maka membuat ruangan peredam suara secara sederhana dan minimal bisa menggunakan pilihan paket peredam suara. Misalnya harga per meter persegi peredam suara adalah Rp 450.000, maka dihitung volume area yang hendak dipasang yaitu 4 sisi dinding dan 1 sisi plafon dikalihkan harga per meter persegi tersebut. Untuk spek harga Rp 450.000 per meter persegi itu bisa jadi adalah harga dengan spek rendah seperti penggunaan glasswool/rockwool, rangka, gypsum dan lainnya yang jika ditest kekedapannya dan nilai stl nya mungkin hanya 25 decibel saja.

Untuk informasi biaya pasang peredam suara termasuk bahan material silahkan hubungi kontraktor peredam suara diwebsite ini. Dengan senang hati kami akan membantu anda.

Pembuatan Peredam Suara Studio Musik

Membuat ruangan studio musik memerlukan bahan peredam suara atau kedap suara yang mencukupi agar suara tidak bocor keluar atau mengganggu keluar dan tidak masuk ke dalam ruangan jika ada recording studio. Maka pertama tama kita harus memperhatikan apakah yang diperlukan untuk menghitung biaya pembuatan peredam suara studio musik itu?

Umumnya ada 2 biaya utama yang harus dikeluarkan jika hendak membuat usaha bisnis studio musik latihan atau rekaman, yaitu biaya membuat peredam suara atau kedap suara dan biaya untuk akustik suara. Tentu hal itu diluar biaya alat musik yang bagus. Maka berapa persisnya biaya membuat ruangan kedap suara studio musik itu dan biaya akustik suara nya?

Biaya membuat ruangan kedap suara studio musik sangat tergantung dari anggaran yang kita miliki, tidak ada patokan baku berapa uang yang harus dikeluarkan. Namun sebagai patokan anda bisa mengukur daya kedap suara ruangan dari nilai sound transmission class dari bahan material yang sudah terpasang dan akan terpasang dibandingkan dengan tingkat kebisingan suara yang dikeluarkan dari alat musik. Artinya kita harus mengukur kebisingan suara dari alat musik berapa decibel dan jenis frekuensinya, kemudian kita ukur bahan kedap suara yang sudah terpasang, misalnya tembok, gypsum dan lainnya sehingga kita bisa menganalisis seberapa tebal dan berapa nilai stc bahan yang hendak dipasang. Sesudah dihitung akan mudah menghitung biaya pembuatan peredam suara atau biaya kedap suara ruangan studio musik itu. Itu adalah opsi yang bijaksana namun resikonya adalah akan mengeluarkan biaya pembuatan studio musik yang bisa jadi akan melambung tinggi karena kita memberikan opsi untuk membuat ruangan kedap suara secara maksimal artinya suara tidak terdengar keluar.

Untuk menekan biaya pembuatan studio musik rental atau untuk usaha maka kita lebih baik mencari ruangan studio yang sudah ditembok bata merah dan jangan dibuat dari hebel, ingat massa jenis bahan material menentukan nilai stc bahan itu sendiri, semakin tinggi massa jenis bahan peredam suara akan semakin bagus, dan usahakan jauh dari kantor atau tempat kerja atau sejenisnya agar kebocoran suara dari studio musik tidak menjadi komplain mereka. Artinya kita bisa membuat kedap suara atau peredam suara tersebut dengan biaya rendah dengan resiko suara bocor keluar namun tidak menjadi komplain orang lain.

Jika anda membuat ruangan studio musik di rumah maka hal hal diatas juga wajb diperhatikan agar suara bising alat musik tidak menggangu tetangga. Maka kita harus tahu bahwa setiap alat musik memiliki tingkat kebisingan maksimal dan jenis frekuensi dominannya. Artinya dengan alat musik yang hendak kita mainkan kita bisa memprediksi tingkat kebisingan suara maksimal yang dihasilkan dan jenis frekuensinya.

Studio musik merupakan ruangan entertainment yang wajib dihiasi dengan interior peredam suara dan akustik suara. Sebagai ruangan studio maka selain fungsi ruangan yang utama, maka keindahan interior ruangan dan akustik suara juga sangat penting. Jika kita hendak membuat studio musik room, maka sebaiknya kita perhatikan beberapa hal penting sebelum terlanjut dibuat. Apakah hal hal penting dalam membuat rancangan studio musik?

  • Rancangan Daya Kedap Suara. Daya kedap suara sangat berkaitan dengan tingkat kebisingan dari alat musik. Semakin lengkap alat musik dan jenis musiknya, maka tingkat kebisinganya akan semakin tinggi. Sebaliknya semakin sedikit alat musik, bisa jadi tingkat kebisingan juga tidak terlalu tinggi.

    Di sini, kita memilah apakah studio musik yang akan kita bangun itu memang full band, atau hanya satu atau dua alat saja untuk latihan? Karena hal ini berkaitan dengan rancangan kekedapan suara dan biayanya. Jika fungsi utama untuk membuat studio rekaman, maka otomatis kita harus menganalisis faktor faktor lingkungan eksternal yang bisa mengganggu proses rekaman suara dan juga alat musik yang bisa mengganggu lingkungan keluar. Maka tingkat kekedapan suara perlu dihitung secara cermat dan benar. Apakah kita membangun studio musik hanya untuk latihan atau sekaligus latihan dan rekaman di tempat yang sama? Kemudian jenis musik seperti apa yang kita mainkan? Bisa jadi jenis musik cadas akan menyumbang tingkat kebisingan suara yang tinggi sekitar 115 decibel.

    Jika kita hendak membuat ruangan studio rekaman (recording studio), maka tentu analisis kebisingan suara dari luar harus benar benar dipehitungkan dan struktur bangunan yang menunjang tersebut juga harus bisa dihitung nilai sound transmission lost (stl)nya. Jadi koq rumit ya? Iya memang untuk membuat studio music yang benar benar kita memang harus merencanakan sejak awal dan menganalisis banyak faktor agar bisa membangun secara benar. Maka nilai stl bahan material yang kita pasang pun harus kita hitung.

    Misalnya untuk membuat studio rekaman untuk pribadi di rumah, maka kita harus perhatikan dari bahan apakah dinding ruangan, plafon dan lantainya dibuat? ruangan studio musik bisa jadi dibuat dari bahan dinding bata merah, dinding partisi gypsum, dinding hebel dan bisa jadi plafon atapnya langsung genteng, atau di dak atau hanya gypsum saja.

    Maka kita bisa bayangkan kondisi tersebut dengan menilai bahan material ruangan dengan nilai stl tadi. Itu belum dipasang peredam suara. Tentu sehabis menghitung nilai stl kita patok misalnya tingkat kebisingan suara yang dihasilkan dalam ruangan sebesar 110 db, atau kekuatan kebisingan dari luar masuk ke dalam ruangan sebesar 110 db, maka kita patut memberikan hitungan tepat agar tingkat kebisingan 110 db itu bisa kita belokir secara maksimal pada semua jenis frekuensi yang ada.
  • Tata Akustik Suara. Tata akustik suara merupakan bagian penting selain daya kedap suara. Maka suara dalam ruangan musik perlu diatur sedemikian rupa sehingga nyaman di dengar tidak menyakitkan telinga dan mendapatkan suara asli yang masuk ke dalam telinga kita. Maka tata akustik suara kita berbicara bagaimaan mengatur formasi akustik ruangan dengan elemen penyerap, pemantul dan penyebar yang diatur agar mampu menghasilkan suara yang jernih dan nyaman ditelinga.

    Untuk membuat ruangan dengan tata akustik suara yang bagus tentu kita harus menghitung rancangan akustik suara ruangan dengan baik. Acuan yang biasa kita gunakan adalah formasi akustik menurut sabine atau dengan hitungan RT 60, yaitu hitungan untuk meredam gema ruangan sehingga mampu menciptakan tata akustik suara yang baik dan benar.

    Dalam rancangan studio musik yang benar maka kita bukan hanya menempatkan penyerap gema dengan bahan penyerap suara, namun juta memerlukan rancangan penyebar suara dan pemantulan suara yang benar. Dengan pengaturan yang baik dari ketiga elemen tersebut, maka ruangan akan dibenttuk menjadi ruangan dengan tata akustik suara yang baik.
  • Volume Ruangan dan Lokasi Ruangan. Salah satu faktor penting dalam membuat ruangan studio musik adalah faktor volume ruangan dan lokasi ruangan. Usahakan memiliki ruangan minimal 5×6 m untuk bisa bermain musik dengan leluasa dengan alat yang lengkap. Semakin luas semakin baik agar ada ruangan gerak didalamnya.

    Lokasi ruangan lebih baik ada di lantai 1 atau dibasement, karena semakin tinggi ruangan akan semakin keras suara tersebar. Jika posisi ruangan dibawah atau basement maka akan semakin mudah melakukan treatment kedap suara untuk mencegah kebocoran suara dalam ruangan.
  • Anggaran Biaya Pembuatan Studio Musik. Anggaran biaya sangat erat berkaitan dengan hasil akhir rancangan kedap suara maupun rancangan tata akustik suara, yaitu bagaimana suara dapat diblok dengan maksimal pada semua jenis frekuensi, maka kita menggunakan bahan material yang cocok dan sesuai agar hasil daya kedap bisa maksimal.

    Termasuk juga dalam pembuatan tata akustik suara ruangan. Disini kita berbicara kualitas bahan material yang digunakan serta hasilnya. Maka pembuatan ruangan kedap suara dan tata akustik suara ini akan memberikan rancangan anggaran biaya pembuatan studio musik yang besar. Resiko sepadan dengan hasil akhir yang diberikan. Untuk pembuatan studio musik yang sederhana dan simple, maka mau tidak mau bahan material yang digunakan dan rancangan pemasangannnya pun akan menyesuaikan dengan anggaran biaya yang ada.
    Proses Pembuatan Studio Musik

Pembuatan studio musik memang tidak mudah dan tidak sulit. Kita hanya membutuhkan ruangan yang kedap suara dan dipasang akustik suara maka kita bisa bermain dengan baik. Namun pembuatan studio musik pada umumnya dikategorikan pada level daya kedapnya pada semua jenis frekuensi. Misalnya untuk level ruangan studio musik rekaman maka kita usahakan menggunakan daya kedap maksimal agar kebocoran suara tidak ada baik yang masuk ke dalam ruangan maupun yang keluar ruangan.

Untuk membuat ruangan studio musik ada yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal pada sisi kedap suara dan tata akustik suaranya. Hal hal penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Posisi dan Dinding Ruangan Studio Musik, yaitu kamar studio musik terbaik dibuat dari bahan material bata merah diaci baik disisi dinding maupun plafon sehingga kita bisa mengisolasi ruangan musik dengan bahan dinding awal. Dinding ruangan ini memiliki nilai sound transmision lost yang cukup tinggi sehingga bisa memblokir suara dengan baik meski belum maksimal. Usahakan semua dinding terbuat dari bata merah diaci. Kekuatan kebisingan alat suara dapat diukur dengan alat ukur sound meter level, sehingga dinding yang dibuat semakin memiliki nilai stl semakin baik karena mengikuti tingginya kebisingan suara yang dihasilkan dari alat musik. Posisi ruangan terbaik adalah dibawah atau basement karena memudahkan suara diredam dibandingkan dilantai atas yang secara teori bisa menyebarkan suara lebih keras ke smua sisi.
  • Alat Musik dan Jenis Musik. Semakin lengkap alat musik maka tingkat kebisingan suara akan semakin tinggi. Artinya memerlukan peredam suara yang tinggi. Umumya jenis alat musik lengkap full band dan jenis musik rock bisa menghasilkan tingkat kebisingan sekitar 115 decibel sampai 120 decibel. Artinya tingkat kebisingan ini bisa terengar hingga 2 km lebih jika dibidang terbuka. Maka mengetahui jenis alat musik dan jenis musik yang dimainkan bisa mengetahui seberapa kedap dinding yang harus diredam dan seberapa tebal dinding yang harus dipasang. Disinilah kita bisa mengetahui bahwa memasang bahan peredam suara atau bahan kedap suara tidaklah mudah dan tidaklah murah, melainkan rumit dan juga mahal.
  • Fungsi Ruangan. Jika kita memiliki 1 alat band untuk anak maka treatment peredam suaranya juga akan beda dibandingkan dengan jika digunakan untuk ruangan studio musik rekaman yangmembutuhkan daya kedap dan konsentrasi tinggi. Fungsi ruangan untuk studio musik rental dengan fungsi ruangan untuk studio musik rekaman maka akan menghasilkan daya bising dan daya kedap suara yang berbeda. Mengetahui kebutuhan ruangan akana sangat membantu untuk mendapatkan informasi detail seputar peredam suara sehingga apa yang kita pasang memang sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai dengan anggaran belajanya.

Untuk membuat ruangan studio musik, tentu kita tidak mau membuat sembarangan, karena bisa jadi daya kedap yang kita inginkan tidak tercapai atau kita membuat ruangan kedap suara studio musik yang anggaran belajannya tidak terjangkau. Otomatis semua jadi sia sia, maka menghitung secara detail dengan segala resiko yang diambil akan sangat membantu terwujudnya studio musik baik rekaman atau latihan.

Untuk informasi detail dan biaya pasang peredam suara, biaya kedap suara, biaya pasang akustik suara ruangan studio musik latihan atau studio musik rental dan di rumah silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda.

Pembuatan Peredam Suara Karaoke

Umumnya ruang karaoke ada jenis ruangan karaoke untuk disewakan yaitu karaoke bisnis dan karaoke di rumah. Maka perhitungan biaayanya tentu akan beda dari karaoke ruangan untuk bisnis dan karaoke untuk dinikmati di rumah.

Perhitungan biaya membuat ruangan karaoke untuk disewakan tentu banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar bisa menekan anggarn biayanya dan bisa mempercepat pengembalian modal dan keuntungan.

  1. Biaya membuat ruangan karaoke untuk bisnis
  2. Biaya membuat ruangan karaoke di rumah

Untuk memuat ruangan karaoke untuk bisnii maka yang perlu diperhatikan adalah target market, lokasi, kelas karaoke dan rencana return of investment (roi). Faktor tersebut penting untuk direncanakan sejak awal sebelum membangun ruangan karaoke untuk bisnis. Maka ketika investor memulai usaha karaoke mereka sudah tahu target market dan anggaran biaya yang hendak dikeluarkan untuk mewujudkan ruangan karaoke tersebut.

Untuk membuat anggaran biaya pembuatan ruangan karaoke untuk skala kecil dan bisnis maka usahakan ruangan terbuat dari tembok bata atau partisi gypsum berperedam suara. JIka untuk kelas menengah atas maka lebih baik kenyamanan konsumen diperhatikan yaitu dengan membuat ruangan berperedam suara yang tidak mengganggu ruangan lain. Sementara untuk kelas bawah anda bisa menggunakan partisi peredam suara yang memiliki toleransi terhadap kebisingan suara dari ruangan lain karena memang diperuntukan kelas bawah dengan biaya rendah.

Anda mau membuat room karaoke di rumah atau di mall atau tempat permainan lainnya? Maka anda memerlukan peredam suara yang berkualitas terbaik agar permainan room karaoke anda bisa nyaman dan tidak mengganggu orang lain. Suara yang keras dari room karaoke anda main bisa diredam dan tidak keluar rooman.
Room karaoke pada prinsipnya hampir sama dengan karaoke atau rooman karaoke aau game studio, hanya fungsi dan peralatanya saja yang sedikit berbeda. Intinya adalah sama yaitu menciptakan sumber suara bising yang dapat mengganggu ketenangan orang lain baik internal di rumah ataupun di tetangga.

Memasang peredam suara dapat dilakukan sejak ruangan dibangun dari awal atau sejak ruangan sudah jadi juga bisa dilakukan. Anda dapat menggunakan bahan bahan peredam suara yang beredar dipasar atau membuat sendiri bahan peredam tersebut. Umumnya memasang bahan peredam suara yang beredar dipasaran akan lebih mudah dan terjamin. Sebaliknya bahan peredam suara buatan sendiri tidak dapat dijamin kemampuanmnya dalam meredam suara dan menyerap suara.

Berikut langkah tepat memasang peredam suara ruangan:

  • Tentukan fungsi ruangan. Menentukan fungsi ruangan akan membantu kita memilih bahan peredam suara yang kita butuhkan. Untuk peredam suara ruang karaoke rekaman atau ruang karaoke profesional tentu kita tidak boleh sembarangan menggunakan bahan peredam.

    Harus menggunakan bahan peredam suara terbaik untuk menjamin kualitas hasil peredam suara ruangan terjamin sesuai standard yang dikehendaki. Sebaliknya jika fungsi ruangan hanya untuk meredam suara bermain drum anak kita, maka kita bisa menggunakan bahan material yang kualitasnya lebih rendah.

    Menentukan fungsi ruangan sangat penting. Cobalah untuk tidak mencampur fungsi ruangan dengan beraneka fungsi. Misalnya satu ruangan untuk studio rekaman sekalligus karaoke dan bermain musik.

    Maka fungsi ruagnan seperti ini akan hancur dan peredam suara panel akustiknya akan berantakan. Jika ruangan untuk bernyanyi karaoke maka gunakan untuk karaoke atau nonton home theater. Jangan mencampur adukan fungsi ruangan dengan berbagai macam fungsi yang bertentangan.
  • Tentukan bahan material. Ruang karaoke rekaman menggunakan bahan material peredam suara terbaik, maka setelah menentukan fungsi ruangan saatnya menentukan bahan material. Misalnya untuk ruang karaoke bermain drum di rumah, anda dapat menggunakan bahan peredam suara yang tidak sebagus studio rekaman namun dapat meredam suara keluar ruangan dan ke tetangga. Sebaliknya jika anda menjalankan ruang karaoke latihan untuk keperluan bisnis maka anda dapat menyesuiakan anggaran biaya untuk hal tersebut namun jangan menghilangkan fungsi utama peredam suara.
  • Kerjakan sendiri atau Kontraktor. Mengerjakan pemasangan peredam suara membutuhkan keahlian seorang tukang yaitu perpaduan keahlian tukang bangunan, tukang kayu dan tukang listrik. Selain itu juga memerlukan keahlian seorang konsultan peredam suara yang mengerti akustik suara dan letak formasi panel akustik ruangan. Jadi pilih anda membuat sendiri atau serahkan ke kami sebagai kontraktor peredam suara ruang karaoke profesional yang membantu menyelesaikan pekerjaan ini.
  • Desain ruangan. Desain adalah keindahan interior ruangan yang membuat anda betah berlama lama dalam ruangan ruang karaoke. Jika desain yang anda hasilkan bagus, bisa jadi anda akan puas. Sebaliknya jika desain yang anda buat tidak bagus bisa jadi anda kecewa dengan hasil akhirnya. Untuk itu serahkan ke kami konsultan peredam suara yang mampu membuatkan desain ruangan ruang karaoke untuk anda sesuai keinginan anda.

Pasang peredam suara ruang karaoke memang tidak mudah namun juga tidak murah, karena pinsip ekonomi selalu berlaku, yaitu ada harga ada kualitas. Artinya jika anda menggunakan bahan peredam suara bermutu rendah dan harga murah, maka hasilnya pasti akan mengecewakan. Sebaliknya gunakan bahan peredam suara bermutu dengan harga wajar maka anda mendapatkan ruangan peredam suara yang bagus.

Orang kebanyakan tidak tahu mengenai peredam suara baik peredam suara ruangan, peredam studio, peredam karaoke, peredam ruangan meeting dan sebagainya. Pemahaman orang awam bahwa peredam suara sebatas hanya memasang bahan peredam suara di dinding saja sehingga suara di ruangan dapat bagus. Namun kenyataannya berbicara peredam suara tidak semudah memasang bahan peredam suara saja.

Peredam suara pada dasarnya adalah bahan yang berfungsi untuk meredam suara yang keluar dari dalam sebuah ruangan, tentu saja suara yang keluar tersebut adalah suara yang bising misalnya suara studio musik. Bahan peredam suara atau Sound Proofing Material secara fungsional digunakan untuk menghalangi energi suara keluar ruangan atau masuk ke ruangan.

Bahan ini diperlukan untuk ruangan-ruangan yang fungsinya tidak boleh diganggu oleh bising dari luar ruangan (misalnya studio rekaman, studio TV, ruang konser, dsb) atau yang fungsinya menghasilkan suara dengan energi yang besar sehingga tidak diinginkan untuk mengganggu mereka yang berada di luar ruangan (ruang Home Theater, ruang Drum, dsb). Ciri utama bahan ini tentu saja tidak boleh menjadi penghantar energi suara (mekanik) yang baik atau dengan kata lain tidak mudah bergetar bila terpapar energi akustik (suara) atau mengubah energi suara tersebut menjadi energi bentuk lain saat melintasinya, atau dengan kata lain sesedikit mungkin meloloskan energi suara yang melewatinya.

Kedua adalah bahan penyerap suara atau Sound Absorbing Material berfungsi untuk mengambil energi suara yang berlebihan di dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb).

Berbicara mengenai peredam suara, kita berbicara mengenai peredam suara dari dan kedalam ruangan serta meningkatkan kualitas suara. Jadi jika anda mau membuat ruangan peredam suara, maka pastikan bahwa anda memang membutuhkan 2 hal tersebut terutama jika anda mau membuat ruangan karaoke, studio musik, ruang meeting, ruang kelas, ruang konser dan sebagainya.

Jika demikian berapa biaya harga peredam suara yang harus dikeluarkan? Untuk menghitung biaya pemasangan peredam suara, maka anda akan menghitung biaya dan harga bahan material peredam suara dan biaya jasa pasang peredam suara. Harga bahan peredam suara umumnya menggunakan bahan peredam suara seperti rockwool, glasswool, greenwool/healthywool dan sejenisnya seperti busa semprot. Harga masing masing bahan peredam ini berbeda beda dan selalu berbeda karena mengikuti kurs rupiah terhadap dollar. Umumnya bahan peredam suara rockwool dan glasswool masih impor sehingga biayanya masih cukup tinggi.

Namun bahan peredam suara sendiri harus dipasang ke dinding ruangan, plafon, lantai, jendela dan pintu sehingga menciptakan ruangan ruangan kedap suara yang benar benar diinginkan. Selanjutnya adalah tahap pemasangan bahan peredam gema atau bahan serap suara akibat dari kelebihan suara dalam ruangan. Umumnya ruangan yang baik menggunakan finishing berbahan dasar halus dan lunak seperti kain, busa dan sejenisnya. Hindari pemakaian bahan keras seperti wallpaper, cat yang akan merusak penyerapan suara dalam ruangan.

Banyak orang awam bertanya berapa biaya pasang peredam suara ruangan 3x4x3? Umumnya orang akan menjawab angka jutaan rupiah dan pemilik ruangan akan mencari penawaran termurah dengan harapan mendapatkan ruangan kedap suara yang bagus dengan harga murah. Namun apa yang terjadi?

Biaya pasang peredam suara tidak dapat diukur dengan suatu nilai rupiah tertentu sebelum faktor faktor seperti ukuran ruangan, bahan material yang digunakan, fungsi ruangan diketahui, bahan peredam gema dipakai, dan target decibel (sound meter) yang hendak dicapai dapat diketahui, maka biaya pasang peredam suara sulit diketahui. Oleh karena itu kami menyarankan anda untuk mengetahui sedikit informasi mengenai peredam suara ini agar anda faham apa yang anda beli, faham mengenai bahan peredam suara yang dipasang dan bahan peredam gema yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk jelasnya, biaya pasang peredam suara, biaya bahan peredam suara, jasa pasang peredam suara ruangan silahkan hubungi kami sebagai konsultan kontraktor peredam suara ruangan.


Pembuatan Peredam Suara Ruangan Aula Ballroom

Memasang peredam pada aula ballroom umumnya masalah utamanya adalah bukan pada kebocoran suara keluar ruangan, namun pada gema ruangan atau gaung dalam ruangan yang membuat suara di dalam ruangan menjadi tidak jernih dan kurang enak didengar. Persoalan gema ini masih berkaitan dengan peredam suara, namun sedikit berbeda pada implimentasi pengerjaan dan fungsinya.

Untuk pembahasan mengenai peredam suara/kedap suara pada ruangan aula ballroom tidak jauh berbeda dengan membuat ruangan kedap suara pada studio musik, karaoke dan lainnya seperti sudah dipaprkan diatas. Namun untuk membahas gema ruangan aula ballroom maka kita akan bahas pada topik sendiri dibawah ini.
Biaya Pembuatan Peredam Suara Kamar Tidur

Area ruangan kamar tidur sering kali menjadi area yang bising alias suara banyak masuk ke dalam ruangan dari luar sehingga kenyamanan ruangan tidur menjadi terganggu. Kamar tidur umumnya digunakan untuk beristirahat dan melepas kepenatan dengan tidur bebas dari gangguan suara bising dari luar sehingga tidur bisa nyaman dan tenang, Jiwa pun bisa sehat kembali dan bisa berpikiran dengan baik. Namun bagaimana jika kamar tidur menjadi berisik dan bising suara dari luar baik dari dalam rumah itu sendiri atau dari jalan raya, tetangga dan lainnya. Disini area kamar tidur perlu dilindungi dari kebisingan yang mengganggu.

Umumnya sebelum kita memasang bahan peredam suara kita akan dihadapkan pada pertanyaan soal harga jasa peredam suara atau harga bahan peredam suara dan biaya pemasangan peredam suara. Berbicara mengenai harga, maka kita mau tidak mau berbicara mengenai bahan material dan jasa pasang serta komponen detail lainnya yang ada didalamnya seperti elektical dan interior ruangan.

Memasang Peredam Suara Kamar Tidur untuk mencegah Kebisingan
Untuk meredam kebisingan suara masuk kedalam kamar tidur salah satu teknik yang cukup efektif adalah dengan memasang peredam suara kamar tidur, yaitu memasang peredam suara di mana sumber suara tersebut masuk dan merambat ke dalam ruangan kamar tidur. Misalnya memasang peredam suara dinding dan plafon, memasang peredam suara di jendela dan pintu. Maka teknik ini umumnya cukup efektif mencegah suara merambat dan masuk ke dalam ruangan.

Suara umumnya merambat melalui media padat, cair dan gas. Maka untuk meredam suara kamar tidur kita bisa mengetahui apakah suara itu dominan merambat melalui udara atau struktur bangunan atau medium lainya? Dari hasil survey, analisis dan pengamatan kita bisa mengetahui suara yang merambat ke kamar tidur apakah melalui medium udara atau medium struktur bangunan atau keduanya?

Sebelum melakukan peredaman suara kamar, kita harus melakukan beberapa hal yaitu:

  • Analisis dan Survey. Analisis dan survey bertujuan mendapatkan informasi jenis suara, asal suara, tingkat kebisingan dan jenis rambatan suara sehingga dengan demikian seorang kontraktor peredam suara memiliki gambaran yang lengkap akan peredam suara yang akan dipasang sehingga bisa menghasilkan daya kedap suara yang maksimal. Tanpa informasi yang detail dan jelas maka hasil akhirnya bisa jadi salah dan kurang maksimal. Dengan demikian maka kita bisa tahu, melalui medium apa suara itu merambat, apakah dominan lewat jendela, pintu, tembok, atap plafon atau apa, dengan mendengarkan rambatan suara tersebut kami bisa memberikan solusi pas dan tepat termasuk teknik pemasangan yang harus dikerjakan.
  • Pemilihan bahan material dan teknik pemasangannya. Sesudah mendapatkan gambaran tentang hasil survey maka kita bisa menentukan bahan material yang digunakan seberapa kedap dan jenis frekuensi apa yang harus dominan diblokir serta bagaimana teknik yang digunakan. Maka pemilihan bahan material menentukan nilai sound transmission lost dari bahan material peredam suara yang digunakan. Teknik pemasangan juga menentukan seberapa suara dapat diisolasi dengan baik dan benar. Kesalahan teknik pemasangan bisa membuat suara merambat melalui medium yang dipasang.
  • Rancana Anggaran Biaya. Sering kali sesudah survey dilakukan, bahan material dipilih, maka yang menentukan selanjutnya adalah rencana anggaran biaya pembuatan peredam suara kamar tidur. Harga peredam suara kamar tidur tentu ditentukan dari hasil survey yang bisa menghasilkan pemilihan bahan material yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lain. Misalnya kamar tidur yang dekat dengan sumber suara speaker jarak 50 meter, dengan rambatan melalui plafon, jendela, pintu dan dinding hebel yang tipis, bisa jadi anggarannya akan lebih tinggi dibandingkan kamar tidur yang dibangun dari bahan bata merah diaci tebal 25 cm lebih dengan plafon di dak dan double jendela dan pintu. Maka dari informasi hasil survey akan menentukan seberapa beda bahan material yang digunakan akan memblok suara secara berbeda dari satu tempat dengan tempat lain.

Harga peredam suara kamar tidur ditentukan oleh faktor diatas, namun dalam skala umum dan tingkat kebisingan tidak terlalu tinggi, maka harga peredam suara kamar tidur bisa diharga Rp 500.000 per m2 sudah termasuk bahan material dan jasa pemasangannya. Namun harga tersebut belum diputuskan dari hasil survey yang bisa mengubah harga karena faktor lainnya. Bahan material peredam suara yang digunakan umumnya menggunakan rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool dan bahan material lainnya seperti karet peredam suara, karpet, busa dan sebagainya.

Memasang bahan peredam suara ibarat kita membendung air agar tidak mengalir dan tidak bocor sehingga kita bisa memikirkan material apa yang bisa memblok energi suara dengan kekuatan yang besar sesuai fungsi ruangan tanpa bocor sama sekali. Atau bisa juga kita memberikan opsi dengan tingkat kebocoran tertentu atau daya kedap suara tertentu dalam hitungan decibel misalnya. Sehingga membuat peredam suara kita akan dihadapkan pada analisa terhadap kekuatan kebisingan energi suara dan jenis jenis frekuensi yang dominan didalamnya serta bahan material yang dapat digunakan untuk memblok energi suara berdasarkan tingkat kebocoran suara atau daya kedap suara yang kita kehendaki.

Maka ketika kita berbicara mengenai harga bahan peredam suara dan harga biaya jasa pasang peredam suara maka kita mau gak mau dihadapkan pada pilihan seberapa kedap suara yang kita kehendaki. Hal ini berkaitan dengan bahan material yang digunakan untuk memblok energi suara dan jenis frekuensi dominanya serta waktu yang diperlukan oleh jasa pasangnya dan segi elektikal dan interior ruangan atau akustik suara yang hendak kita pasang.

Disini, umumnya konsumen tidak mengerti dan tidak faham. Untuk lebih jelasnya kita bisa memilih daya kedap suara itu berdasarkan tingkat daya kedap suara yang dapat diukur dengan alat sound meter. Misalnya dari pengukuran awal kekuatan kebisingan suara mencapai 85 decibel dengan fungsi ruangan sebagai ruangan studio musik latihan, maka kita mau menurunkan sampai ke 45 decibel dengan jenis frekuensi dominan pada frekusnei rendah, maka kita memiliki pekerjaan rumah untuk memblok suara hingga 45 db dan frekuensi rendah. Diperlukan analisa terhadap bahan material yang digunakan sehingga tingkat kebisingan suara bisa tercapai dan frekuensi rendah bisa diminimalisir secara maksimal.

Zona Kebisingan
30 dB : suara lemah berbisik
85 dB : batas aman, sebaiknya gunakan pelindung telinga
90 dB: dapat merusak pendengaran dalam waktu 8 jam. ex: suara pemotong rumput, suara truck di jalanan macet
100 dB :merusak pendengaran dalam waktu 2 jam. ex: suara gergaji mesin, suara melalui telephone
105 dB: merusak pendengaran dalam waktu 1 jam. ex: suara helikopter, suara mesin pemecah batu
115 dB: merusak pendengaran dalam waktu 15 menit. ex: tangisan bayi, riuh di stadion sepakbola
120 dB: merusak pendengaran dalam waktu 7,5 menit. ex: suara konser musikk rock
125 dB: ambang rasa nyeri ditelinga bagian dalam. ex: suara mercon dan sirene
140 dB: membahayakan pendengaran dalam waktu singkat. ex: suara tembakan dan mesin jet

Unit untuk mengukur intensitas bunyi adalah desibel (dB). Skala desibel merupakan skala yang bersifat logaritmik. Penambahan tingkat desibel berarti kenaikan tingkat kebisingan yang cukup besar. Contoh, jika bunyi bertambah 3 dB, volume suara sebenarnya meningkat 2 kali lipat.
Kebisingan bisa menggangu karena frekuensi dan volumenya. Sebagai contoh, suara berfrekuensi tinggi lebih menggangu dari suara berfrekuensi rendah. Untuk menentukan tingkat bahaya dari kebisingan, maka perlu dilakukan monitoring dengan bantuan alat:
– Noise Level Meter dan Noise Analyzer (untuk mengidentifikasi paparan)
– Peralatan audiometric, untuk mengetes secara periodik selama paparan dan untuk menganalisis dampak paparan pada pekerja.
Ada beberapa macam peralatan pengukuran kebisingan, antara lain sound survey meter, sound level meter, octave band analyzer, narrow band analyzer, dan lain-lain. Untuk permasalahan bising kebanyakan sound level meter dan octave band analyzer sudah cukup banyak memberikan informasi.

Sebagai ilustrasi jika kondisi lingkungan kita pada saat awal berada pada posisi 80 decibel dan mau kita turunkan ke posisi 20 decibel maka kita memerlukan bahan material yang menunjang agar kekuatan suara tersebut dapat diblok dengan baik dan benar sehingga akhirnya bisa mencapai 20 decibel. Tentu kondisi ini memerlukan analisa daya kedap suara bahan material peredam suara itu sendiri. Artinya dari bahan material yang kita pasang kita bisa tahu berapa decibel masing masing material dapat memblok suara dan jenis frekuensi apa yang diblok oleh material tersebut. Dengan demikian ketika kita memasang bahan peredam suara kita bisa tahu sejak awal bahwa material yang kita pasang sudah benar dan dapat mencapaio target yang kita kehendaki.

Kembali ke harga jasa peredam suara, kita berbicara mengenai material dan jasa pasangnya terhadap pilihan berapa tingkat penurunan daya kedap suara ruangan. Misalnya untuk dapat kedap suara studio musik latihan kita patok dengan toleransi sekitar 40 decibel, maka dari analisa awal sebesar misalnya 65 desibel kita turunkan jadi 40 decibel kita punya pr sebesar 25 decibel yang harus kita turunkan dari bahan material terpasang. Demikian seterusnya.

Jika kita mau memasang bahan peredam suara ruangan maka kita tahu berapa kira kira daya kedap suara yang kita kehedaki sehingga kita bisa memiliki informasi lengkap terhadapnya. Banyak kalangan memberikan daya kedap suara dalam prosentase meskipun dalam hal ini tidak dapat diukur daya kedapnya. Harga bahan material dan jasa pasang peredam suara berbanding lurus dengan harga biaya yang dikeluarkan. Misalnya anda mau daya kedap suara maksimal 20 decibel dari tingkat kebisingan suara 65 decibel, maka anda pasti akan banyak mengeluarkan anggaran biaya material dan jasa pasang. Karena yang dipasang adalah bahan material yang terbaik untuk mencapai daya kedap suara hingga 20 decibel. Sementara banyak orang memberikan prosentase daya kedap. Jika daya kedap dihitung dalam prosentase maka darimana titik awal pengukuran dilakukan dan alat apa yang digunakan untuk mengukurnya? Alangkah lebih baik dan baku pengukuran dan analisa dilakukan dengan alat ukur yang terstandarisasi seperti sound meter level ini.

Untuk meredam suara kamar kita perlu identifikasi kebocoran suara, tingkat kebisingan suara dan material pembangun ruangan kamar. Sehingga kita bisa tahu dari manakah kebocoran suara merambat ke kamar tidur, jenis frekunsinya dan bagaimana cara memblokir suara tersebut secara efisien dan efektif.

Akhirnya, pilihan daya kedap suara tergantung dari anda sendiri. Sebagai jasa kontraktor peredam suara kami memberikan pilihan kepada anda untuk mendapatkan ruangan kedap suara yang anda kehendaki. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi harga bahan material peredam suara dan jasa pasang peredam suara beserta elektrikal dan interior ruangan. Kami perusahaan berpengalaman dalam bidang sound proofing and interior furniture. Terimakasih.

Biaya Bahan Peredam Suara Ruangan

Umumnya bahan peredam suara dibedakan dengan bahan peredam gema. Istilah peredam suara mengacu pada soundproofing material sedangkan bahan peredam gema mengacu pada istilah sound absorbing material.
Yang banyak kita bicarakan ketika membuat peredam suara ruangan adalah bahan material yang mampu menyerap suara dari luar ruangan agar tidak masuk kedalam ruangan atau sebaliknya. Namun jarang sekali orang berbicara peredam gema atau akustik ruangan ketika bahan peredam suara sudah dipasang.

Berbicara mengenai bahan peredam suara ruangan, maka kita akan berbicara mengenai bahan peredam suara studio musik, bahan peredam suara karaoke, bahan peredam suara dinding kamar, bahan peredam suara ruang kelas, bahan peredam suara atap rumah/plafon, bahan peredam suara studio rekaman, bahan peredam suara ruang meeting, aula, ballroom dan sebagainya. Bahkan kita juga akan berbicara mengenai bahan peredam suara rockwool, glasswool, greenwool atau healthywool softboard, v board, partisi peredam suara dan sebagainya. Berbicara mengenai bahan peredam suara di sini akan saya persempit pada masalah bahan peredam suara ruangan yang umum digunakan yaitu bahan peredam suara glasswool, bahan peredam suara rockwool, bahan peredam suara greenwool/healthywool.

Saya akan membahas sedikit mengenai bahan peredam suara ruangan yaitu glasswool, rockwool dan greenwool/healthywool dengan segala kekurangan dan kelebihannya masing masing.

  • Bahan peredam suara glasswool. Umumnya dulu banyak orang menggunakan bahan peredam suara glasswool sebagai bahan peredam suara ruangan pada dinding kamar, plafon atau atap rumah, ruang genset, ruang meeting dan sebagainya. Glasswool yang umum dipakai adalah jenis roll yang berharga murah dan tipis. Glasswool adalah bahan peredam suara yang berbahan dasar serat kaca. Ciri-ciri Glasswool seperti selimut tebal berwarna kuning. Glasswool dijual eceran dalam bentuk lembaran dan dalam kuantitas besar dalam bentuk roll. Glasswool memiliki ketebalan 25mm – 50mm dengan densitas permukaan mulai dari 25g/m2 sampai dengan 75g/m2.

Pada saat pengaplikasiannya, glasswool sering kali rontok dan menempel di kulit sehingga menyebabkan kulit gatal atau perih seperti tertusuk jarum. Apabila serbuk kaca tersebut tersedot masuk ke paru-paru, akan melukai serabut paru-paru yang halus. Serabut tersebut tidak bisa dikeluarkan dengan cara apa pun juga.

Glasswool berfungsi meredam suara dan dapat menginsulasi panas. Glasswool juga bersifat menyerap uap air. Dalam keadaan lembab, kemampuan meredam suara glasswool menjadi berubah. Glasswool yang lembab akan berjamur dan beratnya menjadi 5 – 7x berat aslinya. Kelembaban glasswool juga berdampak pada umur yang mana glasswool akan mudah menjadi lapuk dan hancur seperti pasir.
Dibalik segala kekurangannya glasswool merupakan bahan peredam suara yang murah terutama yang berbentuk roll panjang sehingga hemat biaya untuk bahan peredam suara ruangan.

  • Bahan peredam suara rockwool. Bahan peredam suara rockwool adalah pilihan kedua setelah rockwool. Umumnya rockwool memiliki berbagai macam jenis seperti juga glasswool, namun rockwool banyak digunakan dan cocok untuk bahan peredam suara studio musik, ruang karaoke, studio rekaman, ruang meeting dan sebagainya yang memiliki berbagai macam jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai.

Rockwool adalah bahan peredam suara yang terbuat dari bahan dasar bebatuan. Ciri-ciri rockwool seperti selimut tebal berwarna abu-abu atau kuning. Rockwool dijual eceran dalam bentuk lembaran dalam kuantitas besar dalam bentuk roll atau lembaran berkemasan plastik. Rockwool memiliki ketebalan mulai dari 25mm – 100mm dengan densitas permukaan mulai dari 30g/m2 sampai dengan 100g/m2.

Rockwool adalah produk serat mineral ringan yang dirancang untuk meredam suara dan isolasi terhadap panas. Terdapat dua jenis rockwool di pasaran Indonesia, yaitu rockwool tanpa brand dan rockwool impor branded. Perbedaan harga antara rockwool branded dan tidak branded cukup jauh. Rockwool tidak branded memiliki kualitas yang kurang baik untuk dipakai pada proyek yang mensyaratkan keamanan dan kesehatan. Bahan peredam suara ini biasanya dipakai di proyek dengan anggaran tidak terlalu tinggi karena harganya yang tidak terlalu mahal.
Kelebihan lainnya bahan peredam suara rockwool lebih aman, tidak gatal, tahan api dan tahan lama sehingga cocok digunakan sebagai bahan peredam suara ruangan anda.

  • Bahan peredam suara greenwool/healthywool. Saat ini bermunculan bahan peredam suara sintetis seperti greenwool yang jauh berbeda dengan bahan peredam suara glasswool dan rockwool yang biasa kita kenal. Bahan peredam suara greenwool diklaim merupakan bahan peredam suara yang sehat bebas dari bahan kimia sehingga tidak menganggu kesehatan manusia.

Umumnya bahan peredam suara greenwool juga memiliki berbagai macam jenis untuk berbagai macam keperluan namun ternyata bahan peredam suara greenwool merupakan bahan peredam suara yang tidak tahan api alias mudah terbakar. Dalam aplikasinya bahan peredam suara greenwool memang bagus untuk kesehatan namun harga bahan peredam ini 2 kali lipat lebih mahal daripada bahan peredam suara glasswool dan rockwool. Jadi anda tetap harus memperhatikan kekurangan bahan peredam suara jenis greenwool ini.

Bagaimana memilih bahan peredam suara?


Setelah anda mengetahui bahan peredam suara yang umum digunakan, maka saatnya anda memilih bahan peream suara yang cocok untuk anda. ANda bisa menggunakan bahan peredam suara glasswool, rockwool, greenwool dan sejenisnya sesuai kebutuhan, anggaran dan fungsi ruangan anda. Peredam suara yang baik adalah peredam suara yang cocok dengan kebutuhan kita. Pilihlah bahan peredam suara yang sesuai dengan kebutuhan kita. Memenuhi kebutuhan spesifikasi teknis akustik yang disyaratkan, memenuhi faktor keamanan, kesehatan, kemudahan, kebersihan, dan berumur panjang. Lalu, yang terakhir adalah memenuhi batasan anggaran yang kita miliki.

Untuk bahan peredam suara studio musik, karaoke, ruang meeting, ruang rapat/conference call, rumah ibadah, ruang kelas dan sebagainya kami sarankan anda menggunakan bahan peredam suara rockwool slab yang lebih aman dari glasswoll namun lebih murah dari greenwool. Namun kembali ke anda, jika anggaran anda memenuhi dan memang mau memilih greenwool/healthywool silahkan saja, kami siap membantu anda memasang bahan peredam suara ruangan untuk anda.

Jika kebutuhan anda adalah membuat ruangan studio musik, karaoke, ruang meeting, ruang kelas, ruang belajar, aula ballroom, dan sebagainya hubungi kami sebagai jasa pembuatan peredam suara ruangan, jasa pasang peredam suara, agen jual bahan peredam suara ruangan.

Berbicara mengenai peredam suara, kita berbicara mengenai peredam suara dari dan kedalam ruangan serta meningkatkan kualitas suara. Jadi jika anda mau membuat ruangan peredam suara, maka pastikan bahwa anda memang membutuhkan 2 hal tersebut terutama jika anda mau membuat ruangan karaoke, studio musik, ruang meeting, ruang kelas, ruang konser dan sebagainya.

Harga bahan peredam suara umumnya menggunakan bahan peredam suara seperti rockwool, glasswool, greenwool/healthywool dan sejenisnya seperti busa semprot. Harga masing masing bahan peredam ini berbeda beda dan selalu berbeda karena mengikuti kurs rupiah terhadap dollar. Umumnya bahan peredam suara rockwool dan glasswool masih impor sehingga biayanya masih cukup tinggi.

Namun bahan peredam suara sendiri harus dipasang ke dinding ruangan, plafon, lantai, jendela dan pintu sehingga menciptakan ruangan ruangan kedap suara yang benar benar diinginkan. Selanjutnya adalah tahap pemasangan bahan peredam gema atau bahan serap suara akibat dari kelebihan suara dalam ruangan. Umumnya ruangan yang baik menggunakan finishing berbahan dasar halus dan lunak seperti kain, busa dan sejenisnya. Hindari pemakaian bahan keras seperti wallpaper, cat yang akan merusak penyerapan suara dalam ruangan.
Biaya Pembuatan Peredam Gema Ruangan

Membuat peredam gema merupakan bagian dari pengedalian medan suara dalam ruangan. Menurut Joko Sarwono (https://jokosarwono.wordpress.com/page/3/),

Pengendalian medan suara dalam ruang (tertutup), pada dasarnya dilakukan untuk mengatur karakteristik pemantulan gelombang suara yang dihasilkan oleh permukaan dalam ruang, baik itu dari dinding, langit-langit, maupun lantai. Ada 3 elemen utama yang dapat digunakan untuk mengatur karakteristik pemantulan ini yaitu:

  • Elemen Pemantul (Reflector)
    Elemen ini pada umumnya digunakan apabila ruang memerlukan pemantulan gelombang suara pada arah tertentu. Ciri utama elemen ini adalah secara fisik permukaannya keras dan arah pemantulannya spekular (mengikuti kaidah hukum Snellius: sudut pantul sama dengan sudut datang).
  • Elemen Penyerap (Absorber)
    Elemen ini digunakan apabila ada keinginan untuk mengurangi energi suara di dalam ruangan, atau dengan kata lain apabila tidak diinginkan adanya energi suara yang dikembalikan ke ruang secara berlebihan. Efek penggunaan elemen ini adalah berkurangnya Waktu Dengung ruang (reverberation time). Ciri utama elemen ini adalah secara fisik permukaannya lunak/berpori atau keras tetapi memiliki bukaan (lubang) yang menghubungkan udara dalam ruang dengan material lunak/berpori dibalik bukaannya, dan mengambil banyak energi gelombang suara yang datang ke permukaannya. Khusus untuk frekuensi rendah, elemen ini dapat berupa pelat tipis dengan ruang udara atau bahan lunak dibelakangnya.
  • Elemen Penyebar (Diffusor)
    Elemen ini diperlukan apabila tidak diinginkan adanya pemantulan spekular atau bila diinginkan energi yang datang ke permukaan disebarkan secara merata atau acak atau dengan pola tertentu, dalam level di masing-masing arah yang lebih kecil dari pantulan spekularnya. Ciri utama elemen ini adalah permukaannya yang secara akustik tidak rata. Ketidakrataan ini secara fisik dapat berupa permukaan yang tidak rata (beda kedalaman, kekasaran acak, dsb) maupun permukaan yang secara fisik rata tetapi tersusun dari karakter permukaan yang berbeda beda (dalam formasi teratur ataupun acak). Energi gelombang suara yang datang ke permukaan ini akan dipantulkan secara no spekular dan menyebar (level energi terbagi ke berbagai arah). Elemen ini juga memiliki karakteristik penyerapan.

Pada ruang (akustik) riil, 3 elemen tersebut pada umumnya dijumpai. Komposisi luasan per elemen pada permukaan dalam ruang akan menentukan kondisi medan suara ruang tersebut. Bila Elemen pemantulan menutup 100 % permukaan, ruang tersebut disebut ruang dengung (karena seluruh energi suara dipantulkan kembali ke dalam ruangan).

Medan suara yang terjadi adalah medan suara dengung. Sebaliknya, apabila seluruh permukaan dalam tertutup oleh elemen penyerap, ruang tersebut menjadi ruang tanpa pantulan (anechoic), karena sebagian besar energi suara yang datang ke permukaan diserap oleh elemen ini. Medan suara yang terjadi disebut medan suara langsung. Medan suara ruang selain kedua ruang itu dapat diciptakan dengan mengatur luasan setiap elemen, sesuai dengan fungsi ruang.

Untuk pemakaian pengendalian medan suara dalam ruang yang lebih detail, sebuah elemen bisa dirancang sekaligus memiliki fungsi gabungan 2 atau 3 elemen tersebut. Misalnya gabungan Penyerap dan Penyebar dikenal dengan elemen Abfussor atau Diffsorbor, gabungan antara pemantul dan penyebar, dsb. Pola pemantulan 3 elemen tersebut merupakan fungsi dari frekuensi gelombang suara yang datang kepadanya.

Bahan penyerap suara atau Sound Absorbing Material berfungsi untuk mengambil energi suara yang berlebihan di dalam ruangan. Target utamanya adalah, energi pantulan dalam ruangan dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Bahan ini digunakan apabila ruangan diinginkan untuk memiliki level waktu dengung sesuai dengan kebutuhan atau ruangan yang diinginkan untuk tidak memiliki energi pantulan yang besar (misalnya studio musik, ruang home theater, ruang bioskop, ruang kelas, ruang seminar, ruang rawat inap, kamar hotel, dsb).

Ada berbagai tipe bahan ini, misalnya tipe bahan berpori (untuk suara dengan frekuensi menengah sampai tinggi), tipe panel (frekuensi menengah-rendah), tipe resonator (frekuensi rendah), tipe perforasi mikro (frekuensi tertentu). Penggunaan bahan ini semata untuk kebutuhan pengguna di dalam ruangan, agar mendapatkan medan suara sesuai dengan fungsi ruang (misalnya ruang bioskop harus memiliki permukaan penyerap yang dominan karena diharapkan pengguna mendengarkan suara langsung saja dari loudspeaker terpasang, sedangkan ruang konser simphony memerlukan bahan penyerap sesedikit mungkin karena diharapkan energi suara dari panggung bertahan selama mungkin tanpa mengurangi intelligibilitynya).

Harga Bahan Peredam Suara

Untuk pastinya berapa harga pasang peredam silahkan hubungi kami, tentu kami akan tanyakan fungsi ruangan, volume ruangan, nilai daya kedap stl yang dikehendaki, dan lain lain. Semoga bisa membantu anda. Terimakasih