Pengertian Desain Interior

[vc_row fullwidth=”yes”][vc_column][portfolio_carousel show=”12″ slideplay=”false” visible=”4″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Desain Interior merupakan sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam, di dalam sebuah bangunan.

Baik Arsitek maupun desainer interior, keduanya bisa membantu Anda menciptakan rumah atau bangunan yang indah dan nyaman sesuai dengan yang diharapkan.

SoloInterior.co.id – Arsitek dan desainer interior merupakan dua profesi yang memiliki fokus dan tanggung jawab yang berbeda. Tetapi, keduanya memiliki persamaan dalam objek yang digeluti, yaitu bangunan.

Bagaimana mendesain dan menciptakan bangunan yang indah dan fungsional adalah orientasi pekerjaan dari seorang arsitek maupun desainer interior.

Secara teknis, arsitek bertugas merancang interior hingga eksterior bangunan yang akan dibangun. Sedangkan desainer interior cenderung lebih fokus untuk memperindah tampilan interior yang sudah dibangun.

Arsitek selalu dikelilingi oleh angka, garis, dan sudut yang dipadukan dan disusun dalam rencana perancangan bangunan. Dengan fokus terhadap hal tersebut, arsitek mampu menggabungkan fungsi ruangan atau bangunan, keamanan, dan kebutuhan dalam perancangannya.

Sementara desainer interior lebih mengedepankan estetika dalam perancangan interior ruangan atau bangunan yang tidak lepas dari kenyamanan, efisiensi, efektivitas, dan keamanan setiap elemen ruangan. Mulai dari pemilihan furniture, tata letak, pencahayaan, pemilihan warna, ceiling, hingga motif pola lantai.

Baik Arsitek maupun desainer interior, keduanya bisa membantu Anda menciptakan rumah atau bangunan yang indah dan nyaman sesuai dengan yang diharapkan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek dan Desainer Interior

Seberapa pentingkah menggunakan jasa arsitek dan atau desain interior dalam perancangan bangunan Anda?

Pertanyaan tersebut seringkali dipertanyakan oleh siapapun yang berencana atau hendak membangun rumah atau jenis bangunan lainnya. Semua sebenarnya kembali kepada apa yang dibutuhkan.

Apabila Anda baru saja berencana untuk membangun rumah atau bangunan mulai dari nol, mulai dari tanah kosong, maka lebih baik menggunakan jasa arsitek untuk perancangan bangunannya dan jasa desain interior dalam perancangan interiornya.

Tetapi, apabila Anda sudah memiliki bangunan dan ingin merenovasi dan memperindah penampilannya, terutama bagian dalamnya, maka menyewa seorang desainer interior merupakan pilihan yang tepat.

Berikut adalah keuntungan menggunakan jasa arsitek maupun desainer interior dalam perancangan sebuah bangunan:

 

Langkah yang terencana

Sebelum memulai pembangunan dan peracangan alangkah baiknya selalu di awali dengan konsep dan perencanaan yang terstruktur, rapi dan terencana. Mulailah dengan memikirkan konsep dan model seperti apa yang Anda inginkan.

Arsitek dan desainer interior akan menerima dan mengolah data dan menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Hal ini bertujuan agar apa yang Anda inginkan dan butuhkan bisa sesuai dengan bajet yang telah dipersiapkan. Menggunakan jasa arsitek maupun desain interior bisa menghindarkan Anda dari over budgeting. Seperti kata pepatah, “Salah strategi di awal, babak belur di akhir”.

Simpel dan efisien

Bagi Anda yang berkeinginan untuk memiliki rumah atau bangunan dalam keadaan indah dan bagus tanpa harus terlibat dan terjun langsung dalam pembangunannya, menyewa seorang arsitek dan atau desainer interior adalah langkah yang tepat. Pasalnya, mereka mampu memberi layanan mulai dari tahap awal seperti penentuan konsep dan penentuan anggaran biaya perancangan hingga pelaksanaan pembangunan di lapangan.

Sumber daya yang melimpah

Setiap perancangan dan pembangunan tentu juga membutuhkan sumber daya manusia, bahan-bahan, alat-alat dan material yang sesuai. Arsitek dan desainer interior memiliki jaringan kerja kepada kontraktor, supplier barang, vendor, hingga tukang yang dapat membantu memudahkan dalam proses implementasi.

Profesionalitas

Dengan jam terbang dan pengalaman yang tinggi, arsitek dan desainer interior memiliki taste yang unik dalam setiap perancangan dan pembangunan yang mereka kerjakan. Setiap sudut dan garis yang mereka ciptakan bisa terasa sangat berbeda. Ia akan tampak lebih indah dengan pengetahuan mendalam mereka terhadap bahan dan material apa yang paling tepat untuk digunakan.

 

Eye catching

Hasil akhir yang indah dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan butuhkan adalah tujuan akhir dalam setiap perancangan. Arsitek maupun desainer interior bisa memberi Anda jaminan hasil akhir sesuai dengan apa yang telah direncanakan sejak awal. Estetika menjadi bagian tidak terpisahkan dari pekerjaan mereka.

 

Harga jual

Apapun yang dirancang dan didesain oleh seorang arsitek dan desainer interior akan memiliki nilai jual yang tinggi. Kenapa? karena nilai estetika dan keamanan bangunan adalah salah satu key selling pointnya. Proses kreatif yang mereka lakukan bisa meningkatkan nilai jual property Anda hingga sangat menguntungkan.

Itulah keuntungan-keuntungan yang bisa Anda peroleh saat menggunakan jasa arsitek dan desain interior dalam perancangan rumah ataupun jenis bangunan lainnya.

Pertanyaannya kemudian, lebih baik mana, menyewa seorang arsitek atau desainer interior?

Jawabannya persis seperti yang sudah disinggung di atas. Apakah Anda memulai dari nol, dalam artian mulai dari tanah kosong dan belum ada sama sekali struktur bangunan, atau sebaliknya, Anda sudah memiliki bangunan dan berencana akan melakukan sedikit renovasi atau sebagainya?

Arsitek maupun desainer interior adalah dua profesi yang saling berkaitan. Banyak hal dalam spesifikasi pekerjaan mereka yang bersinggungan. Meski dalam beberapanya terbilang sangat spesifik, tetapi keduanya memiliki pengetahuan dasar dan mendalam menyoal struktur dan terutama estetika sebuah bangunan. Keduanya adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan hasil terbaik.

Merancang dan mendesain sebuah bangunan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi, dengan sentuhan kreatif dan terampil dari arsitek maupun desainer interior, semua biaya yang Anda keluarkan dijamin tidak akan mengecewakan. Semuanya pasti sepadan. Arsitek maupun desainer interior adalah mereka-mereka yang benar-benar bisa Anda andalkan untuk mewujudkan rumah dan bangunan lainnya yang ideal sesuai dengan apa yang Anda idam-idamkan.

Jadi, pilih arsitek atau desainer interior?

DESAIN INTERIOR SOLO INTERIOR

Membangun sebuah rumah tidak hanya mendirikan sebuah bangunan. Kamu juga mesti memikirkan bagaimana penataan tiap ruang yang ada di dalamnya. Penataan tersebut akan sangat menentukan nyaman atau tidaknya sebuah rumah tersebut untuk ditinggal.

Apalagi untuk rumah impianmu, penataan tata ruang atau desain interior mutlak diperlukan guna menciptakan hunian yang sesesuai mimpi. Hanya saja memang, melakukan desain interior untuk rumah bukan perkara yang mudah. Salah-salah, trik penataan ruang yang kamu buat justru membuyarkan impianmu akan sebuah rumah idaman.

Untuk itulah, desain interior yang terancang dari awal amat diperlukan dalam pembanguan sebuah rumah. Tidak ada salahnya kamu menggunakan jasa desain interior untuk menghasilkan gaya ruangan bagi rumah impian.

Soalnya, model interior yang cocok dapat menghasilkan suasana ruangan yang sesuai dengan mimpimu. Namun sebaliknya, gaya yang salah dalam penataan ruangan justu akan membuat rumahmu terasa kurang nyaman. Nah berikut ini, berbagai fakta yang mesti kamu tahu mengenai desain interior untuk hunianmu.

APA ITU DESAIN INTERIOR?

Istilah desain interior sebenarnya sudah marak terdengar. Hanya saja, mungkin kamu masih bingung mengenai apa sebenarnya konsep dari desain interior. Bisa juga kamu berpikir, toh ini sama saja dengan menata ruang untuk menempatkan kursi, meja, dan perabotan lain yang dibutuhkan dalam rumah.

Sebenarnya memang konsep utama dalam desain interior adalah menata ruang, termasuk gaya atau model apa yang hendak dihadirkan dalam ruangan tersebut. Namun, desain interior tidak sesimpel menata letak perabotan saja.

Penataan ruang dalam desain interior tidak sembarangan. Berbagai pertimbangan detail dihadirkan, mulai dari gaya atau desain apa yang diusung, material untuk furnitur untuk penunjang apa saja, posisinya bagaimana, bahkan sampai jarak antar satu perabot dan furnitur.

PRINSIP DESAIN INTERIOR

Berbagai pertimbangan dalam desain interior bukan dilakukan secara asal-asalan. Tiap penyedia jasa desain rumah memiliki prinsip yang dipegang di dalam melakukannya pekerjaannya. Di mana prinsipnya sendiri adalah menghasilkan ruangan yang memiliki komposisi seimbang dan proporsi yang pas.

Tidak hanya itu, prinsip lain dari desain interior adalah menciptakan ruangan rumah yang harmonis dan satu kesatuan. Tiap ruang di hunianmu akan menjadi satu bagian yang sulit dipisahkan. Antara satu ruang dan ruang lain memiliki pengikat karena mempunyai tema yang sama.

Secara lebih rinci, sebenarnya ada tujuh prinsip utama dalam desain interior. Selain komposisi seimbang, proporsi yang pas, mengharmoniskan tiap ruang yang ada di rumah; desain interior juga menganut prinsip irama, titik vokal, warna, detail. Keempat prinsip lainya ini tak lain merupakan cara untuk membuat komposisi seimbang dalam hunian.

TUJUAN DESAIN INTERIOR

Berbagai prinsip yang diusung dalam desain interior pada akhir bertujuan untuk menghasilkan ruangan yang fungsional dan memiliki nilai estetika tinggi. Dengan demikian, para penghuni ataupun tamu yang datang ke rumah dapat merasa nyaman dan betah.

Sebagai contoh, pernahkan kamu datang ke rumah yang luas tapi terasa sumpek? Bisa jadi karena pemiliknya tidak menggunakan prinsip desain interior dalam menata ruang-ruang di rumah.

Sebaliknya, rumah berukuran kecil bahkan bisa terkesan lapang dan enak untuk ditinggali jika penataannya menggunakan prinsip-prinsip desain interior. Trik memberi kesan lapang tersebut dapat hadir karena adanya komposisi yang seimbang di dalam penataan ruang dalam rumah.

RAGAM MODEL DESAIN INTERIOR

Komposisi seimbang dalam ruangan yang didesain secara apik bisa muncul karena ada trik menerapkan tema senada untuk tiap ruang. Ragam tema model desain interior pulalah yang menentukan perabotan apa saja yang perlu ada, apa dekorasi pelengkapnya, sampai warna apa saja yang bisa digunakan untuk dinding hingga furnitur yang ada.

Gaya desain interior sebenarnya terus berkembang dari waktu ke waktu. Namun untuk saat ini, adalah beberapa model desain interior yang populer. Model-model ini bisa kamu pertimbangkan untuk mendesain hunian idamanmu.

 

Minimalis

Gaya yang satu ini mengedepankan konsep simpel dalam penataan ruang. Pemilihan furnitur secara fungsional menjadi agenda utama dalam menyusun hunian bertema minimalis. Kesan simpel yang hendak dihadirkan juga dilakukan dengan memilih warna-warna netral untuk dinding hingga furnitur yang ada di ruangan. Warna yang sering digunakan dalam model desain interior ini adalah putih, abu-abu, dan krem.

Skandinavian

Hampir serupa dengan gaya minimalis, gaya Skandinavian juga mengusung kesan simpel dalam penataan ruangnya. Biasanya, tiap ruang bertema Skandinavian juga tidak memiliki banyak furnitur yang sifatnya hanya untuk menghias. Warna-warna netral pun menjadi pilihan untuk desain ini. Hanya saja untuk Skandinavian, ada sentuhan natural yang coba dihadirkan dengan penggunaan unsur kayu dalam ruangan.

Modern Kontemporer

Model desain modern kontemporer memiliki prinsip ruang terbuka. Karena itu, ornamen yang sifatnya partisi cenderung tidak digunakan dalam gaya desain interior yang satu ini. Jarak antar ruangan yang satu dengan yang lainnya pun tidak dipisahkan dengan dinding, melainkan dengan perabot fungsional. Gaya desain ini sendiri sekarang tengah menjadi tren untuk hunian-hunian di perkotaan.

Vintage

Gaya desain vintage akan menghadirkan suasana zaman dulu dalam hunian. Berbagai dekorasi antik pun menjadi ornamen penunjang dalam tema vintage untuk sebuah rumah. Gaya desain ini biasanya menggunakan warna natural yang beragam, seperti cokelat, abu-abu, dan hijau lumut.

Shabby Chic

Gaya shabby chic sebenarnya mirip dengan model vintage. Hanya saja, penggunaan warna untuk gaya shabby chic lebih ke arah warna-warna pastel yang bersifat feminin. Dekorasi-dekorasi dengan unsur floral juga menjadi penunjang untuk menghadirkan tema shabby chic untuk interior rumah.

Pop Art

Desain interior yang satu ini biasanya menggunakan warna-warna cerah dan mencolok dalam pemilihan cat dinding maupun furnitur yang digunakan. Contohnya warna merah, biru, kuning, juga hijau. Tidak hanya itu, dekorasi dengan karakter kartun pun menjadi ciri khas dari gaya interior yang satu ini.

Bohemian

Kesan ramai menjadi ciri khas dari gaya bohemian. Trik menghadirkan kesan ramai dalam model bohemian adalah penggunaan warna-warna yang berani dalam tiap furnitur hingga dinding. Tidak hanya itu, kesan etnik dan rumbai pun kerap muncul dalam gaya interior bohemian.

Industrial

Gaya industrial mengusung konsep belum selesai alias unfinished. Kesan belum selesai dihadirkan lewat cara mengombinasikan furnitur dari kayu maupun metal tanpa pengecatan akhir.

Rustic

Elemen kayu menjadi nyawa dalam gaya desain interior rustic. Hal ini dikarenakan suasana yang hendak dihadirkan dalam tema desain ini adalah suasana pedesaan yang identik dengan alam. Penggunaan warna cokelat pun kerap mendominasi model rustic.

JASA DESAIN INTERIOR

Menata ruang agar menjadi satu-kesatuan tema yang proporsional dan harmonis bukanlah perkara mudah. Memanggil jasa desain interior menjadi pilihan terbaik apabila kamu benar-benar serius ingin menghadirkan suasana yang apik di dalam hunianmu.

Tidak sulit untuk mencari layanan jasa desain interior saat ini. Tidak terkecuali, kamu bisa memercayai Dekoruma guna memberikan tips dan trik yang tepat bagi rumahmu. Jangan berpikir biaya jasa desain interior akan menguras isi dompet kamu. Nyatanya di Dekoruma, kamu bisa mendapatkan layanan konsultasi desain interior secara cuma-cuma.

Saran yang tepat untuk menghadirkan tema interior yang seusai impian bakal kamu dapatkan dari dari Solo Interior. Kamu cukup membayar layanan ini seusai dengan harga furnitur minimalis dan perabot penunjang yang dipakai untuk menghasilkan desain interior impianmu.

Tidak hanya saran dan hasil yang memuaskan, layanan desain interior Dekoruma bahkan menerapkan garansi! Kamu bisa memperoleh garansi selama dua tahun untuk material ataupun furnitur yang mengalami cacat produksi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jadi sekarang, kamu masih yakin menata ruangan rumahmu sendirian? Atau sebaliknya, kamu kini mulai berpikir menggunakan jasa desain interior untuk bisa memperoleh tips yang sempurna untuk menghasilkan desain interior yang kamu impikan?[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]