Bentuk-Kitchen-Solo
26
Mar

Tips Memilih & Pembuatan Kitchenset

Tips Memilih Pembuatan Kitchenset,

Beberapa tips yang anda perlukan dalam memilih atau memasang kitchen set yang bagus terdiri dari beberapa hal, diantaranya yaitu :

    1. Pilihlah bahan baku untuk digunakan yang kualitasnya terjamin. Salah satu bahan baku untuk kitchen set murah minimalis yaitu berbahan baku Multipleks atau Plywood. Bahan tersebut direkomendasikan karena ketahanan sebagai material yang cukup terbilang tinggi, serta harganya pun cukup murah dengan yang lain.
    2. Pilihlah warna yang sesuai dengan dapur rumah anda agar match. Ini juga merupakan faktor terpenting dalam membeli kitchen set murah minimalis agar terlihat indah di dapur rumah anda.
    3. Selain itu perhatikan pula table top. Untuk memilih kitchen set murah yang memiliki table top agar lebih menghemat budget, pilihlah table top yang berbahan dasar dari keramik untuk penutup meja kitchen setnya.

 

12 Kesalahan Memilih Kitchen Set yang Sering Kamu Lakukan

  1. Bagi yang memiliki hobi memasak, dapur mungkin akan menjadi ruang paling penting. Namun, terlepas dari itu dapur tetaplah salah satu ruang yang memerlukan perhatian lebih. Hal ini bisa kamu lihat dari betapa sulitnya memilih kitchen set yang tepat untuk dapur hunian kamu.Mulai dari desain yang tidak cocok hingga ruang penyimpanan yang kurang kerap menjadi permasalahan pada kitchen set. Untuk meghindari hal-hal nggak menyenangkan tersebut, simak kesalahan-kesalahan umum saat membeli atau membuat kitchen set berikut!

    1. Terlalu Memperhatikan Penampilan dari Kitchen Set

  2. Memperhatikan desain dan penampilan kitchen set memang bukan kesalahan, hanya saja kamu juga perlu memperhatikan fungsionalitas dan juga material dari kitchen set tersebut.Pada kenyataannya, banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kitchen set, seperti ketahannya terhadap lingkungan dapur hingga kesesuaiannya dengan fungsi serta kebutuhan. Pastikan tampilan keren yang kamu miliki pada kitchen set sebanding dengan hal-hal tersebut.

    2. Kitchen Set dengan Layout yang tidak Efisien

  3. ada kitchen set, umumnya terdapat bagian untuk meletakkan kompor, kitchen sink, dan juga counter top untuk mempersiapkan berbagai bahan makanan. Pada beberapa kitchen set juga dilengkapi lemari penyimpanan dan juga area untuk lemari pendingin.Tahukah kamu, jika posisi berbagai hal ini atau layout dari kitchen set-mu akan mempengaruhi berjalannya aktivitas utama di dapur, yaitu menyimpan makanan, mempersiapkan bahan makanan, dan memasak?Untuk itu, pastikan setiap elemen atau layout dari kitchen set yang kamu miliki sudah memenuhi prinsip kitchen triangle yang baik dimana posisi secara berurutan adalah area penyimpanan makanan – area mempersiapkan makanan – area memasak. Dengan kitchen set yang memenuhi prinsip ini, kamu nggak akan dibuat mondar-mandir di dapur saat sedang menyiapkan hidangan.

    3. Storage yang Nggak Memadai

  4. Sudah bukan rahasia jika dapur merupakan ruang dengan banyak sekali kebutuhan storage karena peralatan dan bahan makanan yang kamu miliki. Kitchen set adalah salah satu media penyimpanan paling utama pada dapur. Jadi, saat kamu memilih kitchen set, sesuaikan jumlah kabinet atau storage yang dimiliki dengan kebutuhanmu.Nggak cuma storage yang memadai, kombinasikan juga ukuran storage sehingga kamu nggak kebingungan saat harus menyimpan panci berukuran besar namun kabinet kitchen set nggak bisa mengakomodirnya.
  5. 4. Kurangnya Area Kerja pada Kitchen Set

  6. Storage memang penting, tapi jangan lupakan juga keberadaan counter top yang memadai, karena area kitchen set satu ini akan berfungsi sebagai area kerja. Untuk kamu yang hobu memasak tentu kamu memerlukan counter top yang relatif besar, bukan?Jika kamu kekurangan area kerja pada kitchen set yang sudah kamu miliki, siasati dengan menambahkan island sebagai tamabahan area kerjamu.

    5. Kitchen Set tanpa Pencahayaan Memadai

    Berbicara pencahayaan pada ruang dapur, nggak bisa hanya mengandalkan penerangan utama dari ceiling ruangan. Kitchen set yang kamu miliki juga memerlukan instalasi pencahayaan guna memaksimalkan penerangan saat memasak.

     

    Jika kitchen set memiliki rak dinding, berikan tambahan pencahayaan di bagian bawah agar area kerja yang berada di bawah tidak terhalang bayangan dari lemari gantung atau rak dinding. Selain memaksimalkan aktivitas, pencahayaan yang baik pada kitchen set juga bisa mempercantik desain dan visual dari kitchen set itu sendiri.

    6. Kitchen Set dengan Terlalu Banyak Kabinet Terbuka

     

    Mengkombinasikan kabinet pada kitchen set dengan kabinet yang terbuka tentu adalah ide yang menarik agar kitchen set tidak tampil monoton. Tapi, jangan sampai kamu memilih kitchen set dengan kabinet terbuka terlalu banyak!

    Karena nggak bisa dihindari kamu memerlukan area storage tertutup untuk menyimpan berbagai barang nggak terpakai tanpa perlu takut dapur terasa berantakan. Kabinet terbuka nggak cuma membuat berantakan, keberadaan banyak perabot yang terekspos juga bisa membuat dapur terkesan sesak, lho. Apalagi, kalau kamu berencana membuat kitchen set minimalis.

    7. Tak Memperhatikan Instalasi Listrik

     

    Dapur kini sudah dilengkapi berbagai perlengkapan elektronik. Selalu persiapkan instalasi listrik yang memadai pada kitchen set yang kamu miliki. Mulai dari jumlah stop kontak hingga posisi-posisinya.

    Jangan sampai kamu terpaksa membuat kabel berserakan berjalan di atas kitchen set. Nggak cuma tidak sedap dipandang, hal ini juga sangat berbahaya!

     

    8. Menomorduakan Laci pada Kitchen Set

     

    Kebanyakan kita hanya menggandalkan kabinet berbentuk lemari pada kitchen set tanpa mempertimbangkan menggunakan laci. Padahal keberadaan beberapa laci pada kitchen set bisa membantu aktivitasmu di dapur jadi lebih efektif. Hal ini disebabkan laci lebih argonomis dibandingkan kabinet lemari.

     

    Laci ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang akan sering kamu gunakan seperti spatula, pisau, ataupun berbagai bumbu masak. Hal ini dikarenakan laci bisa kamu akses langsung dengan nyaman. Berbeda jika kitchen set berbentuk kabinet lemari semua dimana kamu harus berjongkok untuk mencari barang yang kamu butuhkan. Dengan laci-laci, kegunaan kitchen set mini bisa lebih maksimal!

    9. Kitchen Set dengan Material yang Tidak Tepat

     

    Aktivitas di dapur mengharuskan kitchen set terbuat dari material yang tahan terhadap panas dan air. Tentu material kayu termasuk material yang nggak akan tahan terhadap dua hal ini. Namun, kenyataannya, kitchen set berbahan kayu masih jadi pilihan favorit.

    Untuk itu, pastikan material kitchen set yang kamu miliki sudah diberi finishing guna melindungi material aslinya. Atau, untuk pilihan praktis kamu bisa menggunakan kitchen set aluminium.

    10. Bagian Sudut Kitchen Set yang Tidak Efisien

     

    Untuk desain kitchen set berbentuk “L” atau “U”, keberadaan kabinet sudut sudah nggak bisa lagi kamu hindari. Kebanyakan bagian sudut ini dibiarkan kosong dan digunakan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan karena bagian kitchen set satu ini memang sulit dijangkau.

    Namun, jika kamu membutuhkan bagian sudut kitchen set yang lebih fungsional, pastikan kamu memiliki kitchen set yang dilengkapi aksesoris atau fitting khusus kabinet sudut pada kitchen set sehingga bagian ini jadi jauh lebih efisien.

    11. Memilih Kitchen Set yang Terlalu Mengikuti Tren

    lonny.com

    Sama seperti halnya saat kamu lebih mengutamakan tampilan kitchen set, terlalu mengikuti tren tanpa memperhatikan kualitas bahan dan juga tingkat efektivitas penggunaan kitchen set sangat perlu kamu hindari!

    Apalagi, tren bersifat sementara sedangkan kitchen set yang kamu miliki tentu ingin kamu gunakan dalam jangka panjang, bukan? Selalu utamakan kenyamanan penggunaan daripada tren.

    12. Tak Mengonsultasikan Pemilihan Kitchen Set kepada Expert atau Tenaga Ahli

     

    Banyak orang yang merasa karena dapur mereka sederhana, maka mereka bisa memilih dan menata sendiri kitchen set mereka. Padahal, nggak ada salahnya jika kamu mengonsultasikan terlebih dahulu kebutuhan kitchen set dengan tenaga ahli untuk menghindari berbagai kemungkinan kesalahan yang terjadi pada desain dapurmu. Apalagi, kini konsultasi desain interior seperti kitchen set ini sudah bisa kamu temukan dengan mudah. Salah satunya melalui Solo Interior.

     

    Diantara kesalahan-kesalahan pemilihan kitchen set tersebut, yang mana yang paling sering kamu temui? Tentunya kini kamu sudah bisa menghindarinya, bukan? Yuk, maksimalkan lagi kitchen set yang kamu miliki dengan menemukan berbagai pilihan kitchen set dan perabot dapur di Solo Interior.

     

    Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Solo Interior siap membantu! Kamu bisa menemukan perabot dan dekorasi menarik di Solo Interior. Buat kamu yang membutuhkan kitchen set, bisa juga diwujudkan lewat Solo Interior lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design & build Solo Interior!